Ini Dia 3 Skutik Yamaha Yang Disuntik Mati, Berikut Alasannya!

image
Trio Mio GT-Mio J-Xeon RC disuntik mati

Peluncuran Aerox 125 beberapa waktu lalu dijadikan Yamaha sebagai perjalanan akhir skutik lainnya di belantara otomotif roda dua nasional. Ada 3 varian skutik yang diputuskan harus berhenti diproduksi oleh Yamaha Indonesia yakni, Mio GT, Mio J dan Xeon RC. Ada dua alasan utama keputusan itu harus dilakukan oleh Yamaha.

Pertama, ketiga skutik tersebut di atas telah ada penggantinya. Mio GT sudah digantikan oleh Soul GT 125, Mio J digantikan Mio M3 dan Xeon RC digantikan Aerox 125. Jadi, menurut Yamaha keputusan itu sudah seharusnya dibuat.

Kedua, soal standarisasi Euro 3. Ketiga skutik tersebut masih berstandar emisi Euro 2 sehingga ketika Pemerintah memutuskan motor baru harus Euro3, maka otomatis ketiganya kudu purnabakti. Namun, satu pertanyaan yang tertinggal soal satu ini yakni Aerox 125 yang menggantikan Xeon RC ternyata masih berinjeksi lawas Yamaha, bukan Bluecore

Ketiga, tentang kapasitas produksi. Yamaha bukan Honda yang punya site plan banyak dengan kapasitas besar. Yamaha harus menahan nafsu untuk menjual banyak varian karena keterbatasan kapasitas produksi. Dengan kemunculan banyak skutik baru, otomatis lini produksinya harus mengambil produk lama.

Dan sejalan dengan keputusan di atas, di situs resmi Yamaha Indonesia ketiga skutik tersebut sudah tidak bisa kita temukan lagi entry list nya. Sudah dihapus, bro! Oke sip!

Advertisements

Comments are closed.