Honda Forza Akan Bikin Yamaha Benahi NMax!

image

Tidak lama lagi Genza akan memiliki pesaing di tanah air. Adalah Honda Forza yang akan menjadi kompetitor berat dari Yamaha NMax, Si Genza.

Honda (baca AHM) nampaknya kembali mengeluarkan jurus andalannya follow the leader di market motor tanah air. Setelah sukses mengamankan tahta bebek, skutik dan dikit lagi sport juga akan dikuasai, masih ada satu PR Honda. Segmen big skutik yang makin menggairahkan belum bisa ditaklukkan. Memang ada PCX 150 yang telah mengisi ceruk itu, namun keberanian Yamaha melokalkan NMax berdampak buruk bagi PCX. NMax mampu dijual dengan harga masuk akal, sebaliknya status cbu pada PCX mau tidak mau memaksa Honda membanderol si big skutik sangat mahal. Di sinilah muncul ide untuk membawa pulang alias melokalkan big skutik keren di pasar Eropa, Forza 150.

Jelas, ketika Honda sudah mau, nyaris tidak ada yang tidak mungkin. Forza kabarnya sudah masuk tahap akhir sebelum resmi dirilis. Prediksi itu tidak lain adanya rumor Forza akan diperkenalkan ke publik secara resmi bulan Maret atau April. Artinya, tinggal  1-2 bulan lagi Forza akan meluncur. Dan siap-siap Yamaha akan berbagi kue dengan Honda.

[display-posts tag=”nmax” posts_per_page=”4″]

Desain Forza (jika dilokalkan sama dengan yang di Eropa) maka NMax akan dapat pesaing tangguh. Bahkan, seperti yang sudah-sudah Honda jelas akan menambahkan beberapa hal, baik fitur maupun desain, yang lebih di atas NMax. Kalau sudah begink, mau tidak mau Yamaha kudu melakukan upgrade NMax. Paling mendasar adalah soal shock belakang yang sangat keras, Yamaha harus berani “merendahkan dirinya” dengan mengakui bahwa shock NMax memang keras dengan cara menggantinya di produksi selanjutnya.

image

Namun, bukan berarti NMax tidak punya apa-apa untuk melawan Forza. Performa mesin SOHC plus VVA NMax masih bisa diandalkan. Apalagi jika rumor yang menyebutkan Forza akan menggunakan mesin Vario 150 eSP benar, setidaknya Yamaha tidak usah konsentrasi ke sektor dapur pacu dulu. Tambahkan beberapa fitur baru di NMax. USB Charger, spion di bodi depan atau lampu di bagasi bisa jadi contoh penambahan value NMax.

[display-posts tag=”yamaha” posts_per_page=”4″]

Oke, apapun itu kehadiran Forza akan sangat bagus bagi konsumen tanah air. Forza akan memaksa NMax berbenah. Perang menghadirkan yang terbaik bagi konsumen akan sangat menguntungkan. Tidak seperti saat ini dimana NMax melaju sendirian yang dampaknya Yamaha akan setel kopok (pasang kuping budeg) akan semua kekurangan NMax. Semoga Forza bisa memaksa NMax makin value…
image

Advertisements

7 Comments

  1. Jika memang tidak bisa melembutkan sokbleker belakang dengan alasan matic sport…
    Seminimalnya soblekernya di rubah dengan yang bisa di setel / seting tingkat kekerasannya…
    Agar konsumen tidak terbebani ganti sokbleker acesoris jika ingin melembutkannya

    YIMM harus ingat kasus beat mengover take mio

  2. Katanya 1 atau 2 bulan lagi .
    Ni udah masuk 2017 ko ga nonggol2 c forza .
    Emng sulit di tandingi dengan sektor dapur facu nya karna nmax punya vva . lah forza punya apa punya fitur external luar
    Yang di aplikasikan mesin vario ke forza

Comments are closed.