Marketshare Jauh, Ini Kesalahan Yamaha Di Tahun 2015!

image

Berulang kali Yamaha bekerja keras menyuguhkan berbagai produk unggulan ke pasar, berulang kali pula kompetitor makin menjauh. Pasti ada yang salah dengan strategi marketingnya. Kira-kira apa ya? Padahal dibanding kompetitor, produk yang dilepas Yamaha ke pasar jauh lebih banyak dan beragam, hasilnya sami mawon, padhe bei tidak maksimal.

Sedikit flashback ke belakang di tahun 2015, Yamaha telah menelurkan sejumlah produk keren sebut saja GT125, Fino, Jupiter Z1, N-Max, SoulGT, V-Ixion, MX-King, MT-25, Byson, hingga moge MT-09. Hasilnya? Marketshare Yamaha Sepanjang 2015 adalah 27,76% jauh di belakang Honda yang mencapai 68,73%. Something wrong?

Dan ternyata, Yamaha sudah punya jawaban atas minimnya hasil penjualan sepanjang 2015. Mereka menilai strategi grojok pasar dengan banyak produk sekaligus di tahun 2015 adalah kesalahan. Mereka menganalisa dengan banyaknya produk yang digelontorkan justru membuat konsumen kebingungan apalagi ditambah perekonomian yang masih lesu. Komplit dah

[display-posts tag=”marketshare” posts_per_page=”4″]

“Sangat banyak yang akan kami perkenalkan (2016), tahun lalu kami memperkenalkan berbagai model baru. Tapi tahun lalu, konsumen sepertinya kebingungan dalam memilih, karena terlalu banyak model yang kami perkenalkan ditambah lesunya perekonomian Indonesia,” kata Presiden Director dan CEO Yamaha Indonesia, Minoru Morimoto.

Alhasil, Morimoto memastikan bahwa di tahun 2016 ini strategi mereka akan sedikit berubah. Model baru tetap banyak namun bedanya ada di timing peluncuran, tidak lagi sekaligus namun bertahap. Sehingga diharapkan konsumen akan memiliki waktu untuk memilih.

[display-posts tag=”data-aisi-2015″ posts_per_page=”4″]

image

Jadi, apakah analisa mereka benar atau salah kita tunggu saja sepanjang 2016 ini. Hingga Februari ini pabrikan garpu tala itu sudah melepas dua produk baru ke pasar yakni Fino 125 Injeksi dan Xabre 150 di kelas sport.

Credit: detik.com, warungasep.net

Advertisements

5 Comments

  1. kl menurut ane yamaha kurang mengerti keinginan pasar, sektor matik mereka keukeuh pake ban imut n body mungil pdhal itu alasan konsumen milih produk sebelah, kl sport 150 mereka tll konsen sama piksen tp improvenya kurang hrsnya nva pake 6speed biar lbh advanced dr nvl. pokoknya bnyak celah buat merebut ms kembali, n smu diabaikan sama yamaha makin ancur deh ms nya

Comments are closed.