Honda Sudah Mau Berubah, Yamaha Kapan?

new-cbr150r-2016_2.jpg.jpeg
pic. rudysoul

All New CB150R 2016 sudah resmi menampakkan diri ke publik. Yang paling mengejutkan adalah keberanian AHM keluar dari kebiasaannya selama ini yang selalu mencari aman dalam mendesain motor. Desain All New CBR150R 2016 memang diluar kebiasaan AHM, desain racy, tajam dan sangat sporty berani diaplikasikan dengan resiko tentu saja sedikit mengorbankan kenyamanan berkendara harian (ini hanya impresi dari melihat gambar saja).

Kondisi pasar yang cenderung menginginkan motor dengan desain racy, slim dan tajam menyudut dimana-mana akhirnya dengan berani ditangkap AHM. Lahirlah All New CB150R 2016. Sebelumnya AHM juga sudah melahirkan produk di luar kebiasaan yakni New CB150R yang juga terlihat racy dan sporty. Di sinilah “bahaya” mulai mengancam kompetitor. Ke depan, AHM tinggal melakukan ubahan sedikit demi sedikit jika memang akan ada update produk sport. Basic desain racy sudah ada, tinggal mainkan sedikit “editing” agar next product lebih sempurna.

[display-posts tag=”sport-150″ posts_per_page=”4″]

Nah, Jika AHM sudah mau berubah meninggalkan zona nyamannya, bagaimana dengan Yamaha? Jika AHM bisa maka seharusnya YIMM juga bisa. Jika AHM berubah dari sisi mendesain motor, maka YIMM harus berubah dari sisi penggunaan platform mesin. Kita semua tahu selama ini Yamaha sangat mengandalkan mesin SOHC untuk produk sport 150 cc. Sejak kehadiran Vixion sekitar 2007 hingga kini 2016 mesin SOHC 4 klep masih menjadi andaan, padahal konsumen mulai menginginkan perubahan. Bukan berarti SOHC jelek, namun ini soal selera pasar.

yamaha-r15.jpg.jpeg
Yamaha harus mau berpaling dari SHOC kebanggaan

Saat ini trend pasar sport 150 cc adalah ke platform mesin DOHC. Tidak usah berdebat, sekali lagi ini soal selera pasar. Yamaha mau tidak mau harus mengikuti trend itu atau tergilas. Urusan desain sudahlah, banyak yang percaya hasil garapan Yamaha Indonesia. So, apakah Yamaha Indonesia berani meniru AHM merubah haluan? Cobalah di R15 dulu sebagai bukti awal. R15 DOHC shock USD? Boleh juga…

Advertisements

9 Comments

  1. Mesin kalah.. fairing jg berat .. pwr anjlok
    Versi naked new cb150 berat kosong 136kg..
    Versi fairing new cbr 150 berat kosong 135 kg..
    Lebih ringan 1 kg

    Nva berat isi 131 kg.. r15 berat isi 136 kg..

    Keberatan fairing R15 5 kg.. susah bersaing pwr nya

  2. Sebagai komengtator dolariah yang sudah didoktrim bertahun-tahun ane harus tetap katakan New CBR150R ini jelek, gak proporsional, overprice, dll. Sekalipun dibandingkan dengan New Vega R tetap lebih bagus New Vega R…! (Walau tetap nangis dalam hati)

Comments are closed.