Betapa Kecilnya Manor Racing Dibanding Tim Lain, Nothing To Lose-lah Rio!

image

Balap Formula One (F1) terkenal dengan biaya mahalnya. Triliunan Rupiah bisa dihabiskan untuk satu musim balap yang rata-rata bisa 20-an seri. Namun, biaya mahal tersebut sebanding dengan keuntungan promosi yang didapat. Sehingga banyak brand-brand kelas dunia yang berlomba-lomba mensponsori tim balap F1.

Termasuk tim Manor Racing. Tim ini masuk kategori tim yang akan berkembang. Kelasnya memang tidak sebanding dengan tim-tim besar seperti Mercedes dan Ferrari, namun di tim kecil inilah Indonesia menanam investasi pada sosok Rio Haryanto dan Pertamina. Yap, selain mendukung Rio sebagai pembalap, Pertamina juga ternyata telah menanda tangani kerja sama dengan tim yang bermarkas di Dinnington, Inggris itu. Tidak disebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan Pertamina untuk jalinan kerjasama tersebut. Selain Pertamina, Manor Racing juga disponsori oleh Shazam sebuah perusahaan aplikasi telefon pintar yang menyediakan jasa musik dan video.

image

Yup, Manor Racing hanya punya dua sponsor utama untuk F1 musim ini. Sangat kecil jika dibandingkan Mercedes misalnya. Tim juara bertahan itu punya 5 sponsor utama yang masuk kategori kelas kakap. Sebut saja Petronas, UBS, Qualcomm, Allianz, dan Epson. Selain lima perusahaan itu, masih ada setidaknya 17 perusahaan lain yang menjadi sponsor pendukung. Atau kalau mau tahu sponsor Ferrari, nih ada 13 perusahaan kaya antara lain Pirelli, Shell, Singha, UPS, dan Hublot. Jumlah yang sama dengan tim Red Bull.

image

Bahkan dibanding tim gurem lainnya yakni Sauber, Manor masih kalah jauh. Tim Sauber disponsori 6 perusahaan besar dan lebih dari 15 sponsor pendamping lainnya. Apa yang dialami Manor Racing bukanlah mengejutkan. Sebab, prestasi mereka selama ini memang jauh dari kata cemerlang, bahkan untuk sekedar finish saja sebuah perjuangan keras.

Dari laman wikipedia, disebutkan tidak ada prestasi yang diraih Manor Racing. Tim yang pernah bernama Virgin Racing dan Marussia Racing ini sama sekali tidak pernah menang, tidak pernah dapat poin satupun dari 20 kali balapan yang mereka ikuti. Termasuk musim lalu mereka 0 poin dengan catatan 16 kali gagal finish.

image

Bisa dibilang beban Rio di tim ini mudah namun juga berat. Mudah sebab kalaupun gagal finish atau gagal meraih poin di musim ini, bukankah itu sama dengan “prestasi” mereka selama ini jadi nothing to lose saja, pokoknya bertarung semaksimal mungkin di lintasan. Berat sebab jelas tim ini punya harapan tinggi pada Rio dan Pascal sehingga mereka tentu saja menargetkan hasil lebih baik dibanding musim lalu, padahal sumber daya mobil masih kelas bawah. Cmiiw

Advertisements

8 Comments

  1. tapi dengar-dengar mesin yg digunakan Manor pada musim ini sekelas dengan mesin mobilnya Lewis Hamilton (sama-sama disuplai Mercedes), plus Manor mendapat akses utk menggunakan wind tunnel di fasilitas riset milik Mercedes

1 Trackback / Pingback

  1. Rio Haryanto Pertajam Laptime, Unggul Dari Pascal Wehrlein! | rideralam.com

Comments are closed.