Whatsapp Akan Cabut Dukungan Untuk 5 Mobile Platform, Termasuk Nokia, BlackBerry dan Android!

image
Platform Blackberry salah satu yang akan ditinggalkan whatsapp

Perkembangan gadget dan aplikasi pendukungnya memang akhirnya akan membuat siapapun yang tidak bisa mengikuti akan ditinggalkan. Nokia dan Blackberry menjadi contoh “kejamnya” konsumen. Ternyata saat ini mereka tidak saja ditinggalkan konsumen, namun aplikasi pihak ketiga pun sudah perlahan mencabut dukungannya. Terbaru adalah aplikasi chatting populer Whatsapp yang akan meninggalkan OS Symbian dan Blackberry.

Seperti dilansir dari blog resminya, Whatsapp telah mengumumkan bahwa di akhir tahun 2016 ini mereka akan mencabut dukungan untuk sistem operasi Nokia dan Blackberry. Tidak saja kedua platform itu, Android dan Windows Phone juga akan ditinggalkan. Tapi, tenang dulu untuk Android hanya versi awal yang ditinggalkan yakni Android 2.1 dan 2.2.

Berikut daftar mobile platforms yang akan ditinggalkan WhatsApp:
1. BlackBerry, including BlackBerry 10
2. Nokia S40
3. Nokia Symbian S60
4. Android 2.1 and Android 2.2
5. Windows Phone 7.1

Alasan utama Whatsapp meninggalkan semua platforms di atas adalah karena pemakainya yang sedikit. Whatsapp telah memutuskan untuk hanya mendukung mobile platform dengan pengguna mayoritas. Terdengar tega dan kejam namun inilah bisnis yang tidak kenal kenangan indah, yang ada hanyalah melihat ke depan dan bertahan dengan mengikuti perkembangan pasar.

“Meski perangkat mobile itu jadi bagian penting dari kisah kami, mereka tak menawarkan kapabilitas yang kami perlukan untuk mengembangkan fitur aplikasi kami di masa depan,” tulis WhatsApp

Nah, jika tentang platform mobile yang tidak lagi disupport Whatsapp seperti disebutkan di atas sudah jelas, lalu bentuk dicabutnya dukungan itu seperti apa? Apakah aplikasi Whatsapp tidak lagi tersedia alias tidak bisa lagi diunduh di OS yang disebutkan di atas? Kalau iya, apakah berarti yang sudah terinstall Whatsapp di perangkatnya saat ini masih bisa digunakan, hanya tidak bisa update ke versi tertinggi? Atau sejak diberlakukan nanti akhir tahun apakah Whatsapp sudah tidak bisa lagi digunakan sama sekali di perangkat ber-OS di atas? Jadi, jika ada aplikasi chatting beruser 1 miliar ini sudah ada di perangkat sebelumnya dibuka maka tidak bisa lagi? Artinya pengguna atau user mau tidak mau akan uninstall Whatsapp?

Namun, yang jelas pihak Whatsapp sudah memberikan solusi bagi para pengguna perangkat ber-OS di atas, yakni segeralah upgrade perangkat gadget Anda dengan versi terbaru alias belilah gadget baru heheheeBtw, memang masih ada ya yang pakai android 2.1 atau 2.2? Padahal sekarang sudah Android 6.0 lho alias Marshmallow.

image

Advertisements

Comments are closed.