Rival Gabung Manor Racing, Rio Haryanto Terancam?

image

Tim Formula One (F1) tempat bernaung Rio Haryanto, Manor Racing telah merekrut mantan pembalapnya, Alex Rossi sebagai pembalap cadangan tim yang bermarkas di Inggris tersebut. Rossi adalah rival Rio di GP2 musim lalu. Kembalinya Rossi cukup mengejutkan, apalagi dirinya sudah teken kontrak dengan tim Andretti Autosport di Indycar. Apakah Rossi akan membuat Rio terancam?

Pembalap berusia 24 tahun itu sebenarnya sangat ingin membela Manor di F1 musim ini namun harus rela kehilangan kursi membalap semusim penuh dengan Manor, dan jatah itu ”last minute” diberikan ke Rio Haryanto.

“Saya mendedikasikan karir di F1 dan saya masih menunggu kesempatan itu datang lagi. Jadi ini adalah jalan agar saya tetap tajam dan siap,” ucap Rossi dikutip ESPN, Kamis (10/3).

Sebagai pebalap cadangan, Rossi akan ikut dalam 11 seri F1, dimulai di GP Russia pada Mei 2016 mendatang. Lima di antara 11 seri itu bersinggungan dengan musim Indycar, dan Rossi akan siaga dua balapan. Dia juga akan bekerja dengan para insinyur untuk mengembangan MRT05.

Bergabungnya Rossi ke Manor sebagai pembalap cadangan memunculkan pertanyaan, apakah posisi Rio terancam?

Semua bisa terjadi bro, namun yang jelas Rio Haryanto sudah menandatangani kontrak dengan Manor selama semusim penuh. Artinya, Rio sudah ada jaminan akan tetap di kursi Manor hingga akhir musim ini. Kecuali ada klausul tertentu di kontraknya yang bisa mengancam posisi Rio. Misalnya, jika hingga tengah musim pihak Rio belum juga melunasi biaya keikutsertaan ke Manor, maka mungkin saja Rio akan digusur Rossi. Saat ini hingga ke depan satu-satunya jalan agar Rio benar-benar aman di Manor adalah dengan tampil konsisten baik guna menutup pintu pembalap lain menggantinya.

Sebagai pembalap cadangan, sebenarnya Rossi memang disiapkan untuk menggantikan posisi pembalap utama jika terjadi hal-hal seperti cedera atau kendala teknis lainnya. So, Rio aman lah…

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.