Kira-Kira Data MX King Ini Bikin Ngiler Honda Gak Ya?

ktm indonesia

Honda (ingaatt… Dibaca apa ya?) tengah mempersiapkan satu varian motor baru di segmen yang makin tergerus jaman yakni bebek super yang kabarnya akan berlabel Supra 150. Supra naik kelas, broo!! Namun, hingga saat ini Honda belum juga merilis si bebek super untuk head to head dengan bebek super penguasa saat ini Yamaha MX King. Ada apa koq lama? Sudahlah, biarin saja itu urusan internal Honda sana. Namun, jika melihat Data AISI Februari 2016 di bawah ini dijamin mereka akan greget untuk segera merilisnya.

Distribusi Sonic, Satria Injeksi dan MX King di Februari 2016:

Sonic 150R = 1.910 unit
Satria Injeksi = 10.065 unit
MX King = 12.075 unit

image

Wow… sang bebek super menguasai!! Walaupun ketiga motor di atas beda genre, namun karena kapasitas mesin yang sama dan sama-sama mengusung tagline motor bebek kencang, ketiganya sering diadu. Baik performanya, akselerasinya maupun penjualannya. Dan, seperti data di atas di Februari 2016 lagi-lagi MX King menjadi yang terlaris.

Jika sudah begini, masa iya Honda bakalan anteng saja. Masih ingat bagaimana Honda mereborn Sonic guna melawan kemapanan Satria F150? Honda ngiler dengan marketshare Satria F150 yang sempat bermain di angka 20 ribuan unit/bulan. Sempat sukses mengalahkan penjualan Satria lawas, namun akhirnya sekarang malah ampun-ampun ndlosornya penjualan si ayago nearsquare itu. Di segmen ayago, speed adalah dewa. Speed dan kencang selalu identik dengan mesin DOHC, namun tidak sembarang DOHC. DOHC. Overbore masih menjadi idola, sehingga tidak heran jika kemunculan Satria Injeksi DOHC Overbore langsung mengilas DOHC Nearsquare (kalau teman RA bilang sih DOHC abal-abal nih :D).

image
Inikah bebek super Honda (pic. jokohariyanto)

Nah, tidak heran jika Honda kembali melakukan strategi serupa di segmen bebek super. MX King tengah melaju sendirian. Penerimaan pasarpun tidak main-main. Di tengah terpuruknya penjualan bebek, MX King mampu menembus daftar 10 motor terlaris di tanah air. Secara performa MX King memang kalah dari dua ayago itu, namun konsep desain yang beraura motorsport, seperti ban gambot, garis desain sporty dan mesin yang terbukti tangguh, mampu membuat MX King menjadi pilihan utama. Opo ora ngiler, Hon?

Jika di ayago ada lawan hebat bernama Satria Injeksi, seharusnya di bebek super ini Supra 150 yang kabarnya akan menggendong mesin sama plek dengan Sonic, bisa agak leluasa. Tinggal desain yang menjadi kunci untuk mengalahkan MX King. DOHC Nearsquare akan menghadapi SOHC Overstroke, secara teori sih bakalan menang, namun kasus di New Vixion vs New CB150R bisa dijadikan acuan bahwa apapun bisa terjadi.

Advertisements

8 Comments

  1. kl supra 150pake mesin sinic n ncb, bs bahaya buat imej supra yg terkenal irit bandel n awet mesinya, krn mesin ncb n sonic masih bnyak trouble, kl sampe nm besar supra tercemar seperti klas sportnya bs bahaya bs2 honda cm ngandalin matiknya z

  2. Masih fokus di matic under 20 jeti, cash cow nya kan disitu, jual moge aja g mampu, tuh liat ms mogenya, pabrikan senesar itu jual moge cuma laku segitu, jgnkan moge lha wong 250cc aja kembang kempis jualannya, jgnkan 250 cc lha wong bikin sport 150 cv aja mesti nunggu kompetitor laku apa tdk baru bikin

1 Trackback / Pingback

  1. Yang penting bukan soal penjualan Sonic kalah sama Satria FI ataupun MX King, tapi mengapa Sonic kok bisa kalah sama Supra X dan Revo | Mengupas soal motor

Comments are closed.