Mampukah Rio Haryanto Lolos Aturan Kualifikasi 107%? Intip Hasil Pramusim Kemarin Yuk…

ktm indonesia

image

Seri pembuka Formula One (F1) di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia akan dilangsungkan beberapa hari lagi, tepatnya 20 Maret 2016. Pada hari itu, pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto akan melakukan debut race F1 yang bisa jadi tidak akan pernah dilupakannya sepanjang hidupnya. Pertanyaannya, mampukah Rio Haryanto lolos dari aturan waktu di kualifikasi?

Sebelum benar-benar berada di grid start pada hari Minggu, Rio harus mengikuti kualifikasi untuk menentukan posisi start. Tidak sembarang kualifikasi, sebab ada batas minimal laptime yang harus dicapai seorang pembalap agar bisa mengikuti sesi kualifikasi berikutnya hingga penentuan posisi start. Federasi Otomotif Internasional (FIA) kembali menerapkan aturan waktu tempuh maksimal 107%.

Artinya, catatan laptime Rio Haryanto di sesi kualifikasi pertama tidak boleh lebih dari 107% laptime yang dimiliki pembalap tercepat. Misalkan pembalap A menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 100 detik, maka pembalap yang bisa lolos ikut sesi kualifikasi kedua adalah yang catatan waktunya tidak lebih dari 107 detik.

image

Jika, ada pembalap mencatat laptime terbaiknya di atas 107% maka Ia tidak bisa mengikuti sesi kualifikasi berikutnya, artinya ia tidak bisa mengikuti race atau balapan. Kecuali steward memberikan ijin khusus. Lalu, jika sudah begitu, bagaimana peluang Rio di kualifikasi Melblurne nanti?

Kita tengok dulu laptime Rio di dua kali sesi tes pramusim di Sikuit Katalunya, Barcelona. Di tes pertama, best laptime Rio adalah 1 menit 28,249 detik. Sedangkan pembalap tercepatnya adalah Sebastian Vettel dengan 1 menit 22,810 detik. Berapa laptime maksimal yang diwajibkan? 1 menit 28,607 detik. Rio lolos.

Pada tes kedua, pembalap tercepat adalah Kimi Raikkonen dengan 1 menit 22,765 detik. Batas maksimal yang diwajibkan adalah 1 menit 28,558 detik. Best laptime Rio adalah 1 menit 25,899 detik. Rio lolos lagi!

image

Artinya, Rio Haryanto punya kans dan peluang untuk menembus aturan 107% di sesi kualifikasi Albert Park, Melbourne Australia dan bertarung untuk menentukan posisi start di balapan Minggu.

Go Rio!!!

Advertisements

Comments are closed.