Terkuak Kenapa Yamaha Begitu Dominan Di Road Race Tanah Air

image

Terkuak Kenapa Yamaha Begitu Dominan Di Road Race Tanah Air. Salah satu petinggi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang cukup aktif di sosial media Facebook, Abidin San menceritakan perjalanan Yamaha dalam dunia balap road race tanah air, khususnya sejak teknologi injeksi mulai menggantikan karburator. Kita jadi tahu mengapa Yamaha begitu mendominasi road race tanah air hingga kini, bahkan dengan mesin yang “katanya” inferior mereka sanggup membungkam mulut besar yang begitu mengagungkan mesin khas balap bernama DOHC. Apa kunci kesuksesan Yamaha menurut Abidin San? Langsung kita simak penuturan pria bernama lengkap Muhammad Abidin berikut.

Semua berawal dari strategi sederhana bernama AKSK (Attitude, Knowledge, Skill & Karakter) untuk membentuk team yang baik.

2012 ~ Riset Injeksi

2013-2014 ~ Mendominasi hingga sekarang “Memunahkan mitos balap Short Stroke vs Long Stroke. Rekor sirkuit semua terpecahkan dengan Teknologi Injeksi Yamaha. Pada periode ini juga Yamaha sukses menggelar Yamaha Asean Cup Race yang bisa “Memunahkan Mitos Sentul yang Sepi”

2015-2016 ~ Sunday Race khusus balap Sport R Series yang fenomenal, perubahan aturan dari 280 cc ke 250 cc dan wajib Full ECU + Data logger sudah terlihat dampaknya mereka sama cepat, team dipaksa riset. juga IRRC dan IRS kembali “Memunahkan Mitos SOHC Vs DOHC” bahwa balapan tidak hanya melulu mesin yang superior

image
Yamaha Sunday Race

2016 ~ Fokus dengan hanya sedikit Team yang High Skill dan Pembinaan yang lebih tajam dengan konsep (Speed, Accuracy & Effecien)

Kami akan selalu memberikan “kemenangan yang tersulit untuk lawan”. Membuat Keris yang tajam harus tahu waktu yang tepat, tentunya saat “besi berwarna merah menyala” bentuklah dan tempalah. Setelah terbentuk asahlah yang sangat Tajam.

Membentuk karakter “Dunia Balap Indonesia” juga perlu kesabaran dan kerjasama semua pihak, mari kita mulai perbaiki manajemen dunia balap Indonesia menjadi lebih baik.

image

Nah, jadi tahu bukan bahwa dominasi Yamaha di road race tanah air tidak begitu saja hadir tiba-tiba. Semua butuh proses panjang yang dimulai dengan membuat sebuah konsep matang sebelum bergerak. Yamaha mengerti bahwa untuk mencetak prestasi harus ada dasar untuk melangkah yaitu Sikap, Pengetahuan, Kemampuan dan Karakter.

Advertisements

15 Comments

  1. Saat Yamaha matang dengan mesin lamanya, kenapa Honda merubah mesin lamanya ya??
    Tapi masih terlalu dini untuk jumawa, lihat aja nanti karena honda serba bisa..

  2. Jos, sayang cuma bahas kelas sport 150cc, coba abidxxsan bahas kelas underbone yg mxking dan sonic ngambek gak mau ikut race, atau bahas kelas supersport 600cc yg sudah kita ketahui hasilnya. Apa mungkin konsep AKSK dari yamaxx cuma dilaksanakan dikelas sport 150cc?

  3. lumayanlah artikelnya,
    hiburan untuk kenangan pahit atas apa yg dialami anak didik Yahaha,
    Doni Tata,
    :v
    maklum sebelah kan di lokalan seolah olah dikampleng
    malah regional dan di luaran sana menguasai podium

  4. Apa pak abidin ga tau berita roadrace pamekasan? Roadrace magetan gagal di gelar? Bukan melulu soal power? Bukanya spek mxking di irs tembus 29hp?
    Dohc nya satria fu jelas superior daripada sohc mxking
    Dohc nya ahm ga usah di anggap lah dohc palsu

Comments are closed.