Darurat MotoGP Argentina 2016, Jumlah Lap Dipangkas, Bendera Merah Siap Dikibarkan!

image

MotoGP Argentina 2016 kali ini mirip dengan diskonan yang diberikan di toko-toko yaitu pakai tanda bintang kecil di atas. Artinya, MotoGP seri kedua di musim 2016 itu akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku bagi pembalap dan tim. Race Direction akhirnya membuat sejumlah syarat agar seri ini berlangsung aman bagi pembalap. Kondisi ini terkait dengan darurat ban belakang Michelin yang minim masa pengetesan serta cuaca yang kemungkinan apapun bisa terjadi. Oke, berikut catatannya.

Pertama, balapan hanya akan berlangsung 20 lap bukan 25 lap seperti rencana awal.

Kedua, jika start dalam kondisi dry race, maka pembalap wajib masuk pit stop di lap ke-9 atau 10 atau maksimal ke-11 jika cuaca berubah hujan. Jika race direction mempertimbangkan situasi dalam keadaan berbahaya bendera merah akan ditampilkan dan semua pembalap harus masuk pit lane. Tim akan diberikan waktu 15 menit di antara tampilan bendera merah dan pembukaan pit lane untuk melakukan setup mesin. Balapan kembali akan dilangsungkan untuk sisa 10 lap. Posisi start sesuai dengan saat sebelum pit stop dan balapan dinyatakan wet race.

Ketiga, jika balapan dimulai dalam kondisi wet race, maka pembalap boleh mengganti motor di akhir lap ke-9. Namun, jika wet race dan dikibarkan bendera merah dengan pertimbangan tertentu maka balapan akan dihentikan dan dianggap selesai jika balapan berlangsung lebih dari 13 lap. Dan balapan tidak diulang.

image

Drama akan terjadi di Termas de Rio Hondo musim ini? Kita tunggu saja beberapa menit ke depan saat lampu merah start dimatikan.

Credit: ridertua

Silaturrahim:

Facebook: Karis Mauyy
Twitter: @karismapr
Email: karis.nsz@gmail.com
Whatsapp (no call) : +628 77 1 2727 000

Advertisements

Comments are closed.