MotoGP Argentina 2016: Marquez Juara, Duo Ducati Saling Tubruk Jelang Finish… Drama!!!

image

Meeennn…. Asli rugi banget nih yang gak nonton MotoGP Argentina edisi 2016 ini. RA sih nyaris terlewat, bangun-bangun sudah lap 2. Pertarungan sudah dimulai antara Andrea Dovizioso dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez diikuti Maverick Vinales dan Andrea Iannone.

Lap ketiga Marquez sudah ambil alih pimpinan lomba dibuntuti Rossi. Dovi – Vinales dan Iannone di rombongan berikutnya. Lap ketiga ini juga pembalap pertama ndlosor yakni Jack Miller. Duh dek padahal doi lagi on fire nih. Lap kelima giliran Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro yang ndlosor tapi nampaknya keduanya masih bisa lanjut.

Lap 7 Rossi mulai tebar ancaman ke Marquez di depannya. Fastest lap di lap ini menjadi bukti kencangnya Rossi. Lap 8 Rossi sempat overtake Marquez, namun habis itu sayangnya the doctor melebar dan kembali diambil alih Marquez.

Lap 9 pembalap mulai masuk pit ganti motor. Vinales, Dovi dan Iannone memulainya. Sementara itu Marquez dan Rossi masih ketat. Kecepatan M1 Rossi terlihat lebih dibanding RC213V Marquez. Lap 10 keduanya masuk pit ganti motor bersamaan. Seperti biasa, Marquez ganti motor tanpa nyentuh aspal alias loncat. Rossi kalah cepat dan alhasil keluar pit posisi Marquez tetap di depan. Ditambah ada Tito Rabat diantara Marques dan Rossi melebar deh gap keduanya.

Usai ganti motor nampaknya Rossi mulai keteteran. Marqez makin nyaman di depan. Terbukti gap keduanya makin melebar. Bahkan lap 14 gap keduanya sudah 6 detik-an. Rossi justru diburu Vinales dan Duo Ducati. Vinales kencang banget nih bro. Sangat potensial naik podium si Vinales ini.

Lap 15 battle seru justru di perebutan posisi kedua. Ada 4 pembalap yang berburu. Rossi-Vinales-Iannone-Dovizioso. Marquez turing di depan dengan gap 7 detik. Lap 16 Vinales nyaris overtake Rossi namun pengalaman the doctor masih bisa menghadangnya. Bahkan, giliran Vinales yang diburu Iannone yang akhirnya membuat Vinales berbuat kesalahan dan ndlosor. Duh dek padahal lagi bagus-bagusnya nih bocah.

Lap 17 Iannone berburu Rossi diikuti Dovi. Lap 18 Dovi dengan cerdik memanfaatkan battle antara Rossi dan Iannone untuk menyodok ke posisi dua. Rossi justru terlempar ke posisi empat. Lap 19 giliran Rossi berburu duo Ducati. Posisi pembalap Marquez-Dovi-Iannone-Rossi.

Drama terjadi di last lap. Tikungan terakhir jelang finish Iannone yang sangat cepat terlalu memaksakan diri masuk dari sisi dalam Dovi. Bisa ditebak, Iannone tubruk Dovi dan keduanya ndlosor dengan garis finish depan mata. Sayang banget. Siapa yang paling diuntungkan dengan kecerobohan Iannone itu, jelas Valentino Rossi yang akhirnya bisa finish kedua. Selain itu ada Dani Pedrosa yang juga hoki. Ia bisa naik podium terakhir gara-gara duo Ducati yang ndlosor itu. Padahal Pedrosa sendiri mengakui penampilannya gak oke di Argentina ini. Bahkan, keberuntungan Pedrosa sudah dimulai di lap 15.

Saat itu Pedrosa sebenarnya hanya di posisi 7 tepat di belakang Scott Redding yang baru saja meng-overtakenya tiga lap sebelumnya. Sayang, di lap 15 Redding mengalami masalah dengan motornya. Masalah mekanik membuat Desmo GP15-nya ogah lanjut balapan. Nampak sekali kekesalan Redding.

MotoGP Argentina 2016 memang penuh drama. Lorenzo dan Vinales harus ndlosor dan yang paling nyesek ya si duo Ducati itu, Iannone dan Dovizioso. Padahal kalau Iannone tidak ceroboh, keduanya bisa podium tuh. Nampaknya Iannone bakalan dapat hukuman dari race direction nih akibat ulahnya nubruk Dovi. Ya, inilah balapan semua bisa terjadi. Selamat buat Marquez-Rossi-Pedrosa untuk podium di MotoGP Argentina tahun 2016!

Sampai ketemu lagi pekan depan di GP Amerika di Circuit of the America, Austin Texas. Marquez selalu menang nih di sini.

Hasil Lengkap Race MotoGP Argentina 2016

Advertisements

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hasil Race MotoGP Argentina 2016 | karismauyy
  2. Koleksi Blog yang Membahas MotoGP Argentina 2016: Gak Seru tapi Dramatis | Mercon Motor™

Comments are closed.