Perbandingan Spesifikasi Supra 150 Dan MX King 150, Siapa Yang Unggul?

Adu desain depan Supra 150 dan MX King 150 (pic. mesinbalap)
Adu desain depan Supra 150 dan MX King 150 (pic. mesinbalap)

Penantang MX King 150 di segmen bebek super mulai menampakkan diri. Adalah Supra 150 yang baru saja dirilis di Vietnam dengan nama Winner 150. Tentu saja, kehadiran Supra 150 akan membuat masyarakat penasaran dengan spesifikasi si bebek super Honda itu. Bagaimana pula perbandingan spesifikasi keduanya di atas kertas. Monggo disimak perbandingan spesifikasi Supra 150 dan MX King 150.

Walaupun sama-sama mengusung status bebek super, namun banyak perbedaan diantara keduanya. Seperti misalnya jenis mesin yang digendong. Supra 150 dibekali mesin DOHC dengan konfigurasi nearsquare atau kalau mau disebut DOHC overstroke saja. Sedangkan MX King 150 masih setia dengan SOHC yang tentu saja overstroke. Tapi jangan remehkan mesin SOHC lho ya, sudah banyak buktinya haghaghag... Kedua jenis mesin itu menghamburkan power maksimal yang beda tipis saja, selisih 0,2 HP. Supra dengan 15,4 HP dan MX King dengan 15,2 HP. Pun demikian dengan torsi yang dihasilkan hanya selisih 0,8 Nm. MX King unggul tipis dengan 13,8 NM berbanding 13,5 NM Supra. Transmisi kecepatan Supra 6-speed, MX King 5-speed saja.

Sepintas, jika melihat perbandingan power dan torsi keduanya, Supra unggul di power dan MX King di torsi. Benarkah? Jika membandingkan power dan torsi tentu saja jangan lupakan bobot motor. Sehingga akan ditemukan perbandingan power dan bobot motor (PWR) serta torsi dan bobot motor (TWR). Oh iya, bobot kosong Supra 122 kg, MX King 115 kg. Hasilnya sebagai berikut:

  • PWR MX King 0,132 HP/kg, PWR Supra 150 0,126 HP/kg
  • TWR MX King 0,12 Nm/kg, TWR Supra 150 0,11 Nm/kg

Ternyata di atas kertas sesuai data spesifikasi pabrikan, MX King unggul baik PWR maupun TWR dari Supra 150. Tapi, kembali lagi semua angka di atas adalah data spesifikasi pabrikan. Perbedaan PWR dan TWR yang kecil untuk motor kubikasi 150 cc tidaklah signifikan. Apalagi kondisi jalanan di tanah air yang serba crowded dan banyak rusak, mau ngebut dimana?

Yang juga menarik untuk diperbandingkan adalah ukuran ban. Supra 150 gambot juga, bahkan untuk ban depan lebih gambot dua tingkat dari MX King. Memang, di awal kemuncuan MX King, cukup banyak yang mengeluhkan ukuran ban depan yang sangat tidak seimbang dengan ban belakang yang sangat gambot untuk ukuran bebek. Ban depan Supra 150 berukuran 90/80-17 sedangkan MX King 70/90-17. Honda nampaknya mempelajari “kekurangan” MX King di sektor ini. Monggo disimak tabel perbandingan spesifikasi Supra 150 dan MX King 150 di bawah ini:

supra 150 vs mx king 150

Bagaimana brosis, sudah ada gambaran perbandingan spesifikasi dua bebek super di atas? Itu hanya data dan angka teoritis. Jika brosis ingin menguji kebenaran data di atas, coba sendiri di sirkuit jangan di jalan raya. Satu lagi, awas lho pas senang-senang dengan si bebek super, tiba-tiba datang si berani diadu. Buyar aja deh xixixixixi… Heran deh, motor koq mau diadu mulu.

Yuk…

Advertisements

5 Comments

Comments are closed.