Performa Rossi Meningkat Drastis Karena Winglet Dan Posisi Tangki Bahan Bakar?

image

Performa Valentino Rossi meningkat drastis di FP4 dan kualifikasi kedua MotoGP Amerika 2016. Padahal di FP1 hingga FP3 Rossi nampak kepayahan untuk sekedar mendekati Marc Marquez yang memang megang banget di Austin ini. Ternyata, ada dua rahasia kecil, sebenarnya bukan rahasia sih, kenapa performa Rossi bisa melambung yaitu winglet dan tangki bahan bakar di M1-nya.

Kalau yang winglet memang susah kalau dibilang rahasia, lha wong jelas terlihat ada di M1 #46. Sebuah perangkat tambahan yang berfungsi memberikan kestabilan motor saat keluar tikungan yang cenderung wheelie. Walaupun sempat dihindari, pada akhirnya Rossi memang membutuhkannya di Austin. Apapun harus dilakukan agar performa makin meningkat, tentu saja dengan cara yang elegan bukan curang.

image

Rahasia kedua, M1 Rossi ternyata yang pakai tangki bahan bakar di belakang. Hal ini berpengaruh terhadap distribusi bobot motor. Bisa jadi, trek Austin sangat membebani motor bagian depan yang berakibat ban depan cepat aus. Ini sudah Rossi buktikan tahun lalu dimana ban Bridgestone bagian depan M1-nya ancur pasca race. Sehingga, salah satu cara mengurangi distribusi bobot motor yang berat ke depan dengan menggeser tangki bahan bakar ke belakang. Dan ini cukup berhasil membuat gapnya dengan Marquez dan Lorenzo di depan tidak terlalu besar. Padahal di sesi latihan bebas Jumat, Rossi sampai kewalahan hanya untuk mempertipis gap di bawah 1 detik.

Di sesi kualifikasi kedua, Rossi sukses berada di posisi ketiga untuk penentuan posisi start race nanti. Rossi mempertipis gap dengan Marquez yang menjadi pole position menjadi 0,456 detik. Posisi kedua ditempati Jorge Lorenzo.

Namun, hingga berita ini diturunkan, RA cari-cari di mbah gugel tidak menemukan komentar Rossi tentang winglet dan posisi tangki bahan bakar di M1-nya. Entah, apakah Rossi masih fokus ke jelang race atau ada maksud lain. Kita tunggu saja saat warm-up dan race beberapa jam ke depan, benarkah strategi winglet dan tangki bahan bakar benar-benar berpengaruh signifikan di treknya Marquez ini?

Advertisements

3 Comments

Comments are closed.