Belum Pakai Ban Supersoft Di Hari Pertama, Rio Haryanto Akan Jajal Hari Ini!

image

Pembalap Formula One (F1) asal Indonesia Rio Haryanto tampil cukup menjanjikan di sesi pembuka latihan bebas GP China di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (15/4). Di sesi siang, Rio sempat di posisi tercepat ke-13 sebelum akhirnya menutup sesi di urutan 16. Di sesi kedua, posisi Rio melorot ke urutan 19 namun catatan waktunya justru membaik. Di kedua sesi tersebut Rio sama sekali tidak mencoba ban jenis supersoft, hanya medium dan soft yang dijajal.

Tentu saja hal itu cukup mengherankan sebab tim-tim lain sudah mencoba ban paling lembut itu. Menanggapi hal tersebut, pihak Manor Racing yang diwakili Dave Ryan mengaku kedua pembalapnya baru akan menggunakan ban supersoft itu esok (hari ini). Ryan menambahkan bahwa di race nanti kemungkinan besar Rio dan Pascal akan menggunakan ban medium dan soft sehingga fokus di Jumat adalah kedua jenis ban tersebut.

Sementara itu, ban supersoft yang akan dijajal hari ini, Sabtu (16/4) lebih untuk mengumpulkan data guna menjadi pertimbangan terbaik saat kualifikasi.

“Kami fokus pada balapan hari Minggu. Itu lah mengapa kami fokus pada penggunaan ban medium dan soft,” ujar Dave Ryan seperti dikutip dari situs resmi Formula One, Jumat (15/4).

“Tetapi pada besok pagi, kami akan mendapat kesempatan untuk menggunakan ban supersoft. Itu akan lebih menguntungkan kami untuk mencari tahu ban mana yang akan kami gunakan pada kualifikasi,” lanjutnya berusaha menjelaskan.

Di sesi latihan kedua, nyaris seluruh pembalap telah menggunakan ban supersoft sehingga catatan laptime juga semakin cepat. Bahkan, pembalap tercepat di sesi kedua ini yakni Kimi dan Vettel keduanya dari Ferrari telah menggunakan empat ban tipe supersoft.

image

Kita tunggu saja bagaimana hasil Rio Haryanto bersama MRT05 #88 saat menggunakan ban supersoft hari ini. Sebagai informasi, di sesi pembuka Jumat kemarin best laptime Rio adalah 1 menit 40,550 detik yang diraihnya di sesi kedua. Dengan supersoft, bisalah ya tembus 1 menit 39,xxx detik.

Go Rio!!!

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.