Jorge Lorenzo Resmi Gabung Ducati, Efek Karambol Perpindahan Pembalap Siap Menghantam Tim-Tim Lainnya!

ktm indonesia
image
Jorge Lorenzo resmi gabung Ducati mulai musim depan

Usai sudah teka-teki masa depan Jorge Lorenzo selama ini. Sang juara dunia 2015 tersebut akhirnya membuat sebuah keputusan besar dalam hidupnya, berpisah dengan Yamaha dan bergabung dengan Ducati. Resmi sudah, Jorge Lorenzo gabung Ducati dengan kontrak sejak 2017 sampai 2018.

Pihak Yamaha dan Ducati sudah mengkonfirmasi transfer besar itu. Yamaha sudah mengucapkan terima kasih atas kontribusi Lorenzo selama 8 tahun dengan 3 titel juara dunia. Pun dari pihak Ducati juga sudah mengumumkan secara resmi pihaknya telah mengikat salah satu dari 4 alien tersebut selama dua tahun. Tidak disebutkan berapa besaran kontrak yang diterima Lorenzo dari Ducati. Namun, rumor kencang berhembus angka 25 juta dollar menjadi mahar yang akan diterima x-fuera. Sebuah angka yang jauh di atas pembalap termahal saat ini 15 juta dollar atas nama Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Efek Karambol

Dengan berakhirnya saga Lorenzo, maka dimulailah babak baru pencarian pembalap pengganti di Yamaha serta siapa duet Lorenzo di Ducati. Hingga saat ini, Yamaha belum menunjuk satu nama untuk resmi diikat. Nama Maverick Vinales menjadi favorit, walaupun bisa jadi jika Vinales gabung tidak akan langsung bisa mengganti peran Lorenzo bertarung memperebutkan titel juara dunia. Masih butuh proses, namun investasi yang sangat bagus bagi Yamaha beberapa tahun ke depan.

image
Insiden Argentina menjadi krusial dalam penentuan masa depan Duo Andrea

Sementara itu, bergabungnya Lorenzo menjadikan Ducati harus memilih antara Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Nama kedua sebenarnya lebih menjanjikan dalam urusan kecepatan dan kompetisi. Namun, insiden di Argentina dengan Dovi membuat peluang Iannone tetap di Ducati menjadi mengecil. Jika Ducati memilih pembalap dengan emosi stabil tidak meledak-ledak, Andrea Dovizioso lebih prioritas. Lagipula, ambisi Dovi bisa jadi tidak sebesar Iannone meraih titel juara, yang bisa lebih aman bagi Lorenzo mengejar titel. Bayangkan, jika Iannone menjadi tandem Lorenzo, ambisi yang tinggi di lintasan bisa berakibat fatal bagi Lorenzo seperti yang dilakukan Iannone di Argentina.

image
Andrea Iannone berpeluang ke Suzuki jika Vinales pindah ke Yamaha

Kepindahan Lorenzo memang akan berefek besar terhadap susunan pembalap beberapa tim musim depan. Selain Yamaha dan Ducati sendiri, satu tim lagi yang tengah was-was dengan transfer saga Lorenzo adalah Suzuki. Suzuki Ecstar jelas makin ketar-ketir dengan kepastian hengkangnya Lorenzo dari Yamaha. Apalagi kalau bukan isu ketertarikan Yamaha terhadap pembalapnya, Maverick Vinales. Jika akhirnya Vinales menerima pinangan Yamaha, siapa penggantinya di Suzuki nanti? Rumor yang berhembus adalah Andrea Iannone yang akan menggantikan Vinales di tim biru itu. Situasi terkini pasca insiden Argentina membuat posisi Iannone di Ducati memburuk. Kemungkinan Ducati mempertahankan Dovi menjadi lebih besar dibanding Iannone. Jadi, Iannone sangat berpeluang ganti motor Desmo GP16 ke GSX-RR.

image
Dani Pedrosa

Kita tunggu akhir musim ini seperti apa perkembangan lalu lintas perpindahan pembalap yang bisa dipastikan akan cukup massive sebagai imbas Lorenzo ke Ducati. Bahkan, tim yang tidak tersangkut dengan Lorenzo, Honda juga akan menentukan nasib salah satu pembalapnya di akhir musim nanti. Dani Pedrosa sudah diultimatum untuk meningkatkan kecepatannnya agar Honda mau mempertimbangkan mempertahankannya. Jangan lupakan juga pergerakan tim anyar MotoGP musim depan, KTM, yang tengah berambisi secepat mungkin masuk jajaran tim elit. Bradley Smith sudah diikat, rumor terkini nama Dani Pedrosa masuk dalam radar pengamatan tim asal Austria itu.

Wah… Asli, gak sabar menanti musim ini berakhir. Rasa penasaran menunggu siapa juara dunia musim ini rasanya masih kalah penasaran dengan menunggu arus perpindahan pembalap kelas atas di tim-tim papan atas MotoGP saat ini.

Advertisements

Comments are closed.