Jorge Lorenzo Salahkan Ban Sebagai Penyebab Kegagalan Raih Pole MotoGP Jerez 2016

image

Jorge Lorenzo kesal dengan performa ban saat kualifikasi MotoGP Jerez 2016 sehingga dirinya gagal raih pole position. Lorenzo kalah cepat 0,122 detik dari rekan setimnya, Valentino Rossi yang berhasil meraih pole pertamanya tahun ini.

Lorenzo mencatat waktu 1 menit 38,858 detik, sedangkan Rossi 1 menit 38,736 detik pada kualifikasi kedua MotoGP Jerez 2016, Sabtu (23/4). Saat itu, Lorenzo menggunakan strategi 3 ban di kualifikasi. Namun, menurutnya ban keduanya tidak berjalan dengan baik.

“Sangat disayangkan ban kedua berjalan tidak baik, ada getaran di bagian belakang dan tidak ada pegangan di sudut-sudutnya. Jadi saya harus membatalkan lap, tapi untungnya ban ketiga berjalan baik,” ungkap Lorenzo. “Saya marah dengan ban kedua saya karena ketika Anda memilih strategi tiga ban ada salah satu yang gagal. Anda hanya memiliki dua lap untuk membuat waktu putaran”.

Sebenarnya Lorenzo membuka MotoGP Jerez musim ini dengan performa tangguh. Di sesi Jumat (22/4) kemarin, Lorenzo sukses selalu menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas. Makanya, banyak pengamat yang menjagokan Lorenzo bakal terus mendominasi hingga kualifikasi. Namun, memasuki hari kedua atau latihan bebas ketiga, Lorenzo mulai keteteran dengan performa Rossi.

Raihan best laptime Jorge Lorenzo di MotoGP Jerez 2016:

FP1: 1 menit 40,270 detik posisi 1
FP2: 1 menit 39,555 detik posisi 1
FP3: 1 menit 39,490 detik posisi 4
FP4: 1 menit 39,241 detik posisi 1
Q2: 1 menit 38,858 detik posisi 2

Jika melihat data best laptime Lorenzo di seluruh sesi, sebenarnya selalu ada peningkatan laptime. Namun, di Q2 Lorenzo mengaku bahwa best laptime-nya masih bisa lebih baik lagi dari yang Ia raih. Namun, ban yang bergetar membuatnya gagal meraih pole.

image

Rossi boleh meraih pole, namun Jerez masihlah tetap sebagai sirkuit favorit Lorenzo. Jadi, di race nanti malam wib nampaknya akan menjadi ajang balas dendam Lorenzo di lintasan, dengan catatan masalah ban bisa diselesaikan. Rossi, Lorenzo dan Marquez siap saling cucuk-cucukan, seperti harapan seluruh penggemar tontonan seru MotoGP. Semoga tidak ada turinGP lagi seperti musim lalu ya hehehehe….

Advertisements

3 Comments

Comments are closed.