Bendera Jepang Di Podium MotoGP Jerez 2016, Ada Apa?

image

Ada yang menarik perhatian RA saat penyerahan piala di podium Jerez kemarin. Usai menerima piala dan pemutaran lagu kebangsaan Italia, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang melakukan sesi foto di atas podium membawa sebuah bendera Jepang. Ada apa gerangan?

RA menduga pasti ini ada kaitannya dengan musibah gempa bumi yang melanda Jepang dalam dua pekan terakhir. Dan, ketika gugling benar saja dugaan RA bahwa bendera Jepang di podium Jerez 2016 adalah wujud ucapan belasungkawa para pembalap atas musibah gempa bumi di Jepang. Kita tahu pengisi podium MotoGP Jerez 2016 adalah pembalap Yamaha dan Jepang yang notabene keduanya merupakan manufacture motor asal Jepang.

Bahkan, sebelum race sebenarnya Jorge Lorenzo sudah mengungkap bela sungkawanya pada Jepang melalui akun twitternya @lorenzo99 yang dilakukannya pada 17 April 2016.

“All my support to those affected by #JapanEarthquake”

Gempa Bumi Jepang

Jepang dilanda Gempa Bumi di luar kebiasaan selama ini pada 14 April 2016 lalu. Gempa yang melanda prefektur Kumamoto terjadi tiga kali. Gempa Kumamoto dengan skala magnitudo 6,2-6,4 terjadi pada pukul 21.27 waktu setempat. Yang menjadi di luar kebiasaan adalah selang 28 jam kemudian terjadi gempa susulan namun justru dengan kekuatan lebih besar dari gempa pertama.

Gempa kedua yang terjadi memiliki kekuatan skala magnitudo 7,3. Padahal, biasanya gempa susulan memiliki kekuatan lebih kecil dari gempa utama. Dan, menurut pakar gempa bumi dari Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano gempa yang terjadi di Jepang kali ini justru gempa kedua yang merupakan gempa utama. Lalu, gempa ketiga terjadi sehari kemudian dengan kekuatan skala magnitudo 5,5.

Gempa Jepang sendiri telah memakan korban jiwa sebanyak 45 orang hingga 19 April lalu. Sedangkan puluhan ribu orang harus meninggalkan rumahnya dan menuju pengungsian.

Semoga seluruh korban diberi kekuatan menghadapi semua musibah. Amin…

Credit: tempo.co.id, tribunnews.com, motogp.com, crash.net

Advertisements