4 Seri, 3 Pemenang, 2 Tim… Musim Depan Harusnya 3 Tim Pemenang!

image
Lorenzo-Rossi-Marquez pemenang 4 seri awal MotoGP 2016

MotoGP 2016 telah memasuki seri keempat di Sirkuit Jerez, Spanyol akhir pekan lalu. Valentino Rossi dari Movistar Yamaha sangat dominan sejak start hingga finish. Ini adalah kemenangan pertama Rossi dan kedua bagi Yamaha musim ini. Kemenangan pertama Yamaha diraih di seri pembuka, Qatar Maret lalu melalui Jorge Lorenzo.

Ini berarti Honda dan Yamaha telah berbagi kemenangan di 4 seri pembuka, masing-masing 2 kemenangan. Bedanya, jika Yamaha membagi kemenangan kepada 2 pembalapnya, Honda hanya melalui seorang Marc Marquez. Argentina dan Austin berturut-turut dikuasai Marquez.

Bisa diasumsikan bahwa Yamaha punya kekuatan merata pada dua sosok pembalapnya, sedangkan Honda praktis hanya mengandalkan Marquez saja. Tandem Marquez, Dani Pedrosa masih belum bisa berbicara banyak. Andaikan kondisi ini bertahan hingga musim depan, maka persaingan antar pabrikan akan bertambah.

Musim depan, Jorge Lorenzo akan bergabung dengan Ducati. Maka, jika semua aspek anggap saja sama peluang menangnya dengan ketika di Yamaha, maka musim depan perebutan juara tidak hanya akan didominasi Honda dan Yamaha. Ducati akan muncul sebagai kekuatan baru dengan performa Lorenzo yang diyakini bakal mampu bersaing di level teratas.

Selanjutnya, kita tinggal menunggu progres Suzuki dalam pengembangan motor dan bagaimana mereka mempertahankan pembalap calon juara dunianya, Maverick Vinales dari godaan Yamaha. Jika itu bisa dilakukan, maka Suzuki bolehlah berharap bersaing di papan atas.

Advertisements

Comments are closed.