Busyeettt… Honda Pasang 3 Winglet Di RC213V Marquez, Besok Ducati Pasang 5 Winglet, Yamaha 10 Winglet… Ediaaan!!!

image
Triple Winglet di RC213V Marquez

Fenomena penggunaan winglet di MotoGP nampaknya makin sulit dibendung, bahkan makin menjadi-jadi. Ducati yang mempelopori pemakaian sayap mungil di bagian depan motor itu boleh jadi tengah tersenyum menyaksikan semua tim pabrikan besar telah mengikuti langkahnya. Bahkan, pada ujicoba sehari pasca MotoGP Jerez di tempat yang sama, pemakaian winglet makin menggila. Honda pelakunya.

Jika selama ini winglet yang terpasang di RC213V baik milik Marquez maupun Pedrosa hanya terpasang satu, itupun ukurannya lebih kecil dibanding wingletnya Desmosedici GP16, kali ini tidak tanggung-tanggung. Tidak 1 atau 2 melainkan 3 winglet dipasang berjejer di bagian depan kanan kiri RC213V. Jadi, total ada 6 winglet di motor Marquez. Busyettt… Jika Ducati masing-masing 2 kanan kiri, Yamaha 1 kanan kiri kali ini Honda tidak mau kalah, langsung 3 kanan kiri.

Bagaimana hasilnya? Sepertinya tidak sia-sia tuh. Marc Marquez mampu mencatat waktu tercepat dibanding pembalap lain. Marquez mencatat best laptime 1 menit 39,313 detik di sesi tes pagi. Inikah efek dari kerja 3 pasang winglet pada RC213V yang katanya bisa meredam keliaran motor saat keluar tikungan sehingga laptime Marquez meningkat dibanding saat race kemarin? Boleh jadi begitu, walaupun faktor lain tidak boleh diabaikan.

Suzuki Ecstar

image
Winglet pada GSX-RR Aleix Espargaro

Satu tim lagi yang mengikuti jejak Ducati, Yamaha dan Honda mengaplikasikan winglet adalah Suzuki. Sebenarnya di race Jerez kemarin, Suzuki sudah pasang winglet pada motor Aleix Espargaro, namun sebenarnya rencana awal Suzuki pasang winglet adalah di tes Senin (25/4). Dan Maverick Vinales akhirnya juga pasang winglet di GSX-RR #25 nya. Padahal, sama halnya dengan Rossi, Vinales adalah pembalap yang tidak menyukai winglet.

Namun, hasil yang diperoleh di tes Senin dimana Vinales sukses menjadi pembalap tercepat ketiga di belakang Marquez dan Lorenzo sepertinya akan membuat Vinales berubah pikiran soal winglet. Rossi sudah mengalami fase itu, menolak winglet namun akhirnya pasang juga dan terbukti pasca pasang winglet Rossi bisa lebih cepat. Vinales sepertinya sulit untuk menolak kembali. Aleix Espargaro, rekan setimnya bisa dijadikan contoh. Musim ini sebelum dirinya pakai winglet, performanya jauh di belakang Vinales. Kondisi berbalik saat race Jerez kemarin, Aleix memaksa untuk menggunakan winglet lebih awal dari rencana dan hasilnya lumayan bisa bersaing langsung dengan Vinales di posisi 5 dan 6.

So, jika memang ke depan ada wacana pelarangan winglet, maka sebaiknya hal itu segera diterapkan saat ini sebelum semuanya mulai ketagihan dengan sayap mungil kecil imut ini. Dan, menuju arah itu makin besar peluangnya. Rossi, Vinales, Aleix bahkan hingga Honda sudah mulai kecanduan winglet. Tapi, andaikan winglet memang akan terus diperbolehkan, sekalian saja diwajibkan agar merata dan adil. Jika musim lalu Ducati pasang satu winglet, musim ini dua winglet, kemudian dilanjut dengan Honda yang langsung pasang 3 winglet, bukan tidak mungkin ke depan tim-tim akan mulai fokus ke winglet untuk menstabilkan aerodinamika bagian depan motor. Kita tunggu saja Ducati yang akan pasang 5 winglet atau bahkan Yamaha dengan 10 winglet misalnya… Ediaaann

Credit: autosport

Advertisements

3 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Hasil Tes MotoGP Jerez 2016 Day 1, Marquez Tercepat, Rossi Keempat! | rideralam.com

Comments are closed.