Pria Ini Ada Dibalik Sukses Valentino Rossi

image

Valentino Rossi sangat dominan di race MotoGP Jerez akhir pekan lalu. Semenjak lampu start mati, Rossi langsung ngacir dan hanya sempat sekali mengalami overtake oleh Lorenzo di lap kedua, dan praktis selepas itu the doctor untouchable hingga garis finish. Mendapati kemenangan “mudah” seperti itu, Rossi mengaku punya satu orang yang berjasa atas hasil briliannya di Jerez. Dia adalah Luca Cadalora.

“Cadalora adalah pria yang sangat penting dengan passion balap luar biasa. Dia juga berpengalaman”, ujar Rossi

image

Dan ternyata, selain menjadi inspirasi seorang Rossi, Cadalora juga ikut cawe-cawe dalam urusan teknis motor Rossi lho. Menurut Rossi, dirinya dan Cadalora bekerja sama di akhir pekan. Cadalora memberi masukan sangat detil tentang motor tunggangan Rossi. Bisa jadi, masukan inilah yang membuat M1 Rossi di Jerez sangat kencang. Siapa sih sebenarnya Luca Cadalora? Kita lihat yuk histori karirnya yang RA sadur dari wikipedia dan situs motogp.

image

Luca Cadalora

Luca Cadalora dilahirkan 17 Mei 1963 di Modena, Italia. Karir profesional balapnya dimulai tahun 1984 ketika itu Ia bergabung dengan tim MBA di kelas 125 cc. Dua tahun sejak debutnya, Cadalora sukses meraih titel juara dunia 125 cc bersama tim Garelli Factory Racing Team. Sukses ini membuatnya ditarik bergabung dengan tim Giacomo Agostini Marlboro Yamaha Factory Racing tahun 1986. Butuh 5 tahun bagi Cadalora untuk meraih titel juara dunia 250 cc tepatnya tahun 1991. Tahun debutnya bersama tim barunya Rothmans Honda Factory Racing Team dengan motor NSR250. Gelar tersebut dipertahankannya musim berikutnya.

image
Luca Cadalora

Tahun 1993 Cadalora naik ke kelas 500 cc dan bergabung dengan tim Kenny Robert Yamaha Team. Tiga musim bersama tim Robert Yamaha, performa Cadalora bisa dibilang moncer. Dia bahkan menjadi pesaing serius Mick Doohan dan menempati runner up di belakang legenda asal Australia itu. Luca Cadalora mengakhiri karir balapnya tahun 2000 bersama tim Kenny Robert Modenas. Hingga akhir karirnya, Cadalora telah mengumpulkan 34 kali kemenangan di semua kelas.

Heemm… Oke juga curriculum vitae Luca Cadalora ya. Mirip-mirip Max Biaggi dan Loris Capirossi yang jago di kelas 125 dan 250 cc namun tidak pernah juara dunia di kelas premier.

Credit: okezone.com, wikipedia.org, motogp.com

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.