Wow… Rio Haryanto Terkencang Di Kualifikasi GP Rusia 2016, Modal Bagus Nih…

image
Rio Haryanto Terkencang di Kualifikasi GP Rusia 2016

Sesi kualifikasi GP Rusia 2016 di sirkuit Sochi, Sabtu (30/4) menempatkan Rio Haryanto di posisi ke-21. Dalam catatan RA, walaupun start dari belakang namun penampilan Rio cukup impresif. Sejak sesi pembuka Jumat hingga kualifikasi ada progres sekitar 3 detik dari Rio. Selain itu, ada satu catatan menarik soal Rio yaitu seputar speed trap atau rekor kecepatan tertinggi yang berhasil direkam oleh speed gun di sesi kualifikasi. Apa itu?

Ternyata mobil terkencang di sesi kualifikasi yang berhasil direkam speed trap adalah mobil Manor Racing bernomor 88. Ya, Rio Haryanto menjadi pembalap dengan speed tertinggi yang berhasil direkam sepanjang sesi kualifikasi. Mau tau kecepatannya berapa? 333.0 km/jam!!! Ediaann… Kencang juga ya mobil Manor bermesin Mercedes ini.

Kecepatan Rio bahkan mengalahkan top speed sang pole sitter Nico Rosberg yang “hanya” 330.9 km/jam. Kencangnya Rio sebenarnya sudah terekam sejak sesi kualifikasi. Dalam kesempatan speed trap Rio memang sering menempati posisi kedua 10 besar pembalap terkencang. Ini berarti secara speed, mobil Manor sangat superior.

Namun, ini balapan di sirkuit yang tidak hanya berisi trek lurus, masih ada tikungan cepat, tikungan lambat yang cukup banyak. Tidak hanya balapan di trek lurus layaknya drag race yang mana top speed benar-benar menjadi dewa. Di balapan sekelas F1 atau MotoGP, top speed hanyalah satu dari sekian banyak variabel penentu kemenangan seorang pembalap. Mobil MRT05 Manor ini memang kencang namun, bisa jadi untuk paket satu kesatuan antara mesin dan sasis dalam melibas sirkuit dengan beragam kondisi belum cukup mumpuni. Tak heran jika posisi para pembalap Manor seringkali di grid belakang, baik saat kualifikasi maupun race.

image
Ducati Desmosedici GP16 punya top speed Terkencang namun bukan tercepat!

Kondisi Manor mirip dengan Ducati di MotoGP. Siapapun tidak menyangsikan betapa kencangnya Desmosedici di trek lurus. Top speed para pembalap Ducati sangat tinggi, bahkan sekelas tim satelitpun punya top speed yang di atas tim pabrikan lainnya. Namun, apa yang terjadi dengan Ducati. Jangankan juara dunia, untuk menang satu seripun pasca mundurnya Casey Stoner sangat sangat sulit. Silahkan tanyakan pada duo Andrea atau bahkan Valentino Rossi yang sempat dua musim di tim merah itu. Motor terbaik merupakan paduan paket yang sempurna dari sasis, mesin, ban hingga pembalap.

Jadi, Manor Racing sebenarnya sudah punya modal bagus pada area mesin yang sangat kencang. Tinggal memperbaiki kekurangan di sisi aerodinamika dan sebagainya agar bisa menghasilkan paket mobil terbaik. Andaikan itu bisa tercapai, bukan mustahil seorang Rio Haryanto atau Pascal Wehrlein bisa bersaing di zona poin atau bahkan podium. Bukan seperti saat ini yang baru sebatas “yang penting finish”.

image
Top 10 Speed Trap di kualifikasi GP Rusia 2016, Rio Haryanto terkencang!
Advertisements

4 Comments

  1. katanya sirkuit russia ini tikungannya cepat, juga stop n go sehingga menyulitkan para pembalap. soal tikungan cepat rio memang ahlinya. wajar top speed mencengangkan. kekurangan rio melibas tikungan butuh jam terbang tinggi, maksud reporter jepang.

Comments are closed.