Wordads Menggila, Saatnya Melirik Google Adsense? [Curhat bWAdai Tahap 2]

image

Dunia blogging khususnya yang berplatform wordpress tengah gonjang ganjing. Dari postingan rekan-rekan blogger otomotif, baik via sosial media atau obrolan di grup whatsapp dan bbm terlihat mereka tengah galau gara-gara pemasukan iklan dari wordpress advertising (wordads/WA) anjlok drastis. Dan, sayangnya RA juga mengalami hal yang sama hiks… hiks…

Sebenarnya penurunan drastis WA sudah mulai terlihat saat pengumuman earning di bulan Maret untuk earning bulan Februari. Rekan di Jatimotoblog begitu shock ketika penghasilan WA dari blognya hanya 7 dollar, padahal bulan sebelumnya dan sebelum-sebelumnya stabil di kisaran 150-200an dollar per bulan. Siapa juga tidak shock dengan kejadian tersebut, dijamin jika brosis blogger wordpress dengan rutinitas penghasilan ratusan dollar per bulan tiba-tiba anjlok di bawah 100 dolar, bahkan 10 dollar.

Ada apa dengan wordads? Bangkrutkah? Atau apakah karena wordads mulai per-area? Dengar-dengar sih wordads untuk blog wordpress Indonesia ya dipegang orang Indonesia, dan su’udzonnya kita adalah “ya sudah kalau sudah dipegang orang Indonesia, kacaauuu (ykwim)”. Atau pihak pengiklan mulai selektif memilih iklan di blog-blog tertentu? Dugaan lain karena WA mulai selektif membayar blog karena konten yang mirip-mirip? Semua dugaan menjadi liar…

RA coba interaksi dengan pihak WA melalui chat via email. Ketika ditanya mengapa earning blog anjlok drastis, mereka menjawab pihak pengiklan mulai selektif dalam memasang iklan di blog-blog. Jawaban ini agak masuk akal sebab sepanjang Februari-April 2016 di space iklan blog yang dari WA isinya hanya dari wordpress. Sesekali dari iklan sekelas MatahariMall dan iklan lain yang muncul sangat jarang.

Ketika RA coba kejar pertanyaan dengan membandingkan page visitor dan ads impression Maret dan Februari yang tidak jauh berbeda, namun hasil earning jauh bagaikan bumi dan mars, mereka menjawab bahwa penghitungan statistik earning yang mereka lakukan sudah benar. Nah, ini yang masih bikin gondok hingga kini. Sebagai contoh di Februari PV 310rb, ads impression 111rb earning 126 dollar di bulan Maret PV 301rb, ads impression turun menjadi 57rb namun earning hanya 6 dollar. What the f*uck. Jika ads impression menjadi acuan, seharusnya earning Maret setengah dari Februari atau sejelek-jeleknya di angka 50 dollar. Lha ini koq hanya 6 dollar atau turun drastis 20 kali lipat lebih. Aneh bukan? Bukan ya? Ya sudahlah…

Akhirnya, mendapati fakta itu usai laporan earning Maret turun, 2-3 hari setelahnya mood nulis ikutan anjlok. Ngeblog dengan tujuan penghasilan WA sudah menjadi tujuan utama. Ngeblog bukan lagi sekedar mencurahkan pikiran untuk mengeluarkan uneg-uneg tapi sudah menjadi ladang pemasukan alias bisnis. Kata rekan-rekan di Jatimotoblog sih menyebutnya sektor ghaib, mengacu pada penghasilan dunia maya.

Mungkin, kejadian bWAdai tahap kedua ini merupakan teguran dari yang di Atas bagi RA untuk kembali memurnikan tujuan awal ngeblog. Tidak lagi hanya sekedar pokok e nulis gan, harus mulai menulis dengan kualitas tidak sekedar posting artikel pokok ada tulisan terposting. Tapi, untuk pembelaan diri rasanya sulit terus menjaga mood nulis jika dengan effort yang sama namun reward yang didapat jauh di bawahnya.

image

Apakah ini waktu yang tepat untuk migrasi self hosting? Atau waktunya mulai melirik blogspot untuk Google Adsense? Atau mulai kembali fokus ke sektor riil? Kita lihat saja lapiran earning bulan April yang akan keluar Mei ini. Jika kembali normal, kenapa tidak untuk kembali fokus membesarkan rideralam.com. Namun, jika kondisi masih suram, akan mulai dipertimbangkan untuk migrasikan konten di blog ini ke asyikbetul.blogspot.com. Untuk migrasi ke self hosting menjadi opsi setelahnya.

Advertisements

22 Comments

  1. GA sih mirip2 WA ..bayaran terbesar dari pembaca dari amrik. Saya prnh nanya support WA knapa ratenya hancur, eh ujung2 nih orang masah nyalahin saya katanya pemasang iklan kecewa krn target pembaca dari amerika ga terpenuhi. Yaelah blog saya kan bhs indonesia bgm mau ngarep trafik dari amerika, emang bule nya bisa bhs kita? hahaha paling ngarep blogger yg tinggal di amrik jadi pembaca tetap kan 😆 .

    Kalau blog bagus trafiknya mending pindah ke self hosted bikin ruang iklan mandiri.

  2. ambles.. pas komplain jawabannya juga nggak memuaskan.. sebelumnya belum pernah tembus 100 dolar, eh ini malah ada bWAdai.. duh.. 😐

Comments are closed.