Suka Duka 5 Tahun Rideralam.com, bWAdai II Paling Menyebalkan!

ultah ke-5 rideralam

Gara-gara aplikasi wordpress for android di siomay error (anehnya hanya saat log in dengan akun rideralam, tidak dengan akun sportupdate5 dan lainnya) aktivitas blogging rada terganggu, khususnya untuk menerima notifikasi dan membalas komentar. Alhasil, salah satu notifikasi kemarin yang terlewat dan baru baca hari ini (via laptop nunut wifi kantor :D) adalah notifikasi dari wordpress yang berisi ucapan Happy Anniversary with WordPress.com. Wow… sampai lupa, ternyata blog ini ulang tahun.

Tidak disangka sudah menginjak tahun kelima blog ini numpang tenar di wordpress. Semenjak artikel ini pertama kali mengisi rideralam, ternyata hingga saat ini, 5 tahun kemudian artikel demi artikel telah berjumlah ribuan. Artikel ultah ke-5 ini adalah artikel ke-3815 yang telah dipublish di sini. Jumlah yang bagi RA pribadi sangat banyak sebab di awal memutuskan membuat blog di wordpress tidak pernah terpikir akan sejauh ini. Sebenarnya jumlah artikel yang dipublish lebih banyak dari angka itu, namun gara-gara bWAdai tahap pertama ratusan artikel press release telah dihapus. Ngerii brooo… hehehehe….

Lima tahun menulis, merangkai kata demi kata menjadi kalimat hingga beberapa paragraf, sangat banyak suka dukanya. Dari awal ngeblog dengan motivasi “hanya” sekedar menyalurkan hobi menulis, hingga sejak akhir 2013 ketika blog ini diterima sebagai member baru wordpress advertising (wordads) akhirnya perlahan namun pasti motivasi menulis bergeser. Monetize menjadi tujuan utama dalam menghadirkan tulisan demi tulisan. Tapi, monetize bukan berarti mengabaikan kualitas tulisan dan konten artikel. RA berusaha semaksimal mungkin menghadirkan berita yang informatif bagi pengunjung setia blog ini. Namun, bisa jadi tidak semua pengunjung bisa RA puaskan dengan artikel-artikel informatif, sangat wajar dan untuk itu RA mohon maaf sebesar-besarnya.

Sebulan jelang anniversary ke-5 ini, rideralam mendapat kado “istimewa” dari pihak wordads. Earning yang anjlok parah hingga lebih dari 20 kali lipat membuat semangat menulis sejenak menjadi kendor. BWAdai tahap dua kembali menyerang, sayangnya RA kena juga. Bukan apa-apa, penghasilan dari ngeblog walau “hanya” sidejob, namun menjadi sandaran utama memenuhi kebutuhan sehari-hari. So, wajar kalau ngedrop. Namun, bisa jadi ini adalah “teguran” dari Sang Pencipta untuk mengingatkan kembali kepada RA motivasi awal menulis. Menulis untuk bersenang-senang dengan otak dan jari jemari. Oke, life must go on, semangat menulis harus kembali bergelora. Pokokna noles…

Last, selamat ulang tahun kepada blog RA sendiri hehehe… semoga terus bisa mewarnai jagad blogsphere otomotif tanah air. Dan sejak saat ini, rideralam.com hanya akan berisi artikel-artikel dari tiga topik utama yakni otomotif roda dua, MotoGP dan Formula One. Artikel-artikel lain seperti Kelestarian Lingkungan, Kuliner, Pendidikan, dan apapun yang terjadi sehari-hari dan tengah populer RA hadirkan di blog baru ini. Semoga para pengunjung setia rideralam sudi meluangkan waktu berkunjung ke blog baru RA. Terima kasih atas support dan dukungan para pembaca, komentator, silent rider, dan semuanya hingga membuat blog ini bertahan hingga saat ini. Semoga ini bukan artikel anniversary with wordpress terakhir, semoga masih ada di tahun-tahun berikutnya. Amin…

Advertisements

17 Comments

  1. wah sudah masuk TK kalo ini anak-anak.. :mrgreen:
    akankah bWAdai hingga dollar terbang masih berlanjut ya? jujur memang jadi gimana gitu, maklum ngandalin duit WA buat nambah tabungan dan pulkam.. mana visitor ikut ngedrop.. sebenernya WP kenapa ya?

Comments are closed.