Laba Yamaha Turun 28 Triliun Rupiah, Budeg Sih!!!

New V-Ixion Advance livery Movistar Yamaha MotoGP
Bahkan V-Ixion pun ikutan turun

Laba Bersih Yamaha Turun Hingga 28 Triliun. Demikian laporan kuartal pertama 2016 dari Yamaha Global yang berpusat di Iwata. Penurunan tersebut terjadi karena menurunnya marketshare Yamaha di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. 

Di Indonesia, penjualan Yamaha sepanjang Januari hingga April 2016 hanya mencapai 479.933 unit, turun sekitar 30% dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 682.133 unit.

Sejumlah negara-negara di Eropa dan Amerika Utara penjualan Yamaha memang mengalami penurunan, termasuk di beberapa negara Asia seperti Indonesia dan Amerika Latin, Brazil. Hanya di India, Filipina dan Vietnam penjualan Yamaha alami kenaikan.

Sebagai perbandingan di tahun 2015, laba bersih Yamaha global mencapai 122,5 triliun Rupiah dan laba operasi mencapi 3 triliun Rupiah.

Selama ini Indonesia memang dikenal sebagai pusat penjualan Yamaha di seluruh dunia, artinya penjualan Yamaha terbesar ada di Indonesia. Seharusnya dengan fakta seperti itu, Indonesia menjadi prioritas. Riset dan perkembangan teknologi harus dimulai dari Indonesia. Hadirkan produk-produk berkualitas dengan fitur-fitur yang seperti diinginkan konsumen. Tidak usah gengsi untuk menerima masukan dari konsumen, sebab merekalah yang akan menggunakan produk-produknya langsung. Jangan gengsi juga untuk meniru fitur-fitur yang dimiliki kompetitor, toh urusan tiru meniru di jagad otomotif roda dua sudah jamak dilakukan.

soulGT-3.jpg
Skutik sekeren ini kakinya koq imut

Selama ini, Yamaha Indonesia termasuk lamban dalam merespon keluhan konsumen. Sebut saja misalnya tentang ban di skutik entry level yang selalu dikeluhkan terlalu “imut” dengan bodi yang sporty dan macho. Sejak jaman Mio awal Yamaha baru akhir-akhir ini mulai merespon positif keinginan konsumen. Sudah telat, sebab kompetitor sudah tidak urusi hal gitu lagi, fitur-fitur yang memanjakan konsumen telah menjadi konsen mereka. Alhasil, marketshare mereka makin meroket ketika Yamaha justru menurun. Budeg Sih!

Credit: detik, aripitstop

Advertisements

16 Comments

  1. apa apa thailand..apa apa thailan..thailand tuh gd apa apanya…tetapi knp klo brojol produk baru thai yg diistimewakan udah rnd nya disono..bikin jg dong mogenya d pulogadung…model ada ratusan bikin ke dimarih 10 model aza…

Comments are closed.