Akhirnya, Ducati Pilih Dovizioso Untuk Dampingi Lorenzo… Iannone Ke Suzuki?

image

Teka-teki siapa teammate Jorge Lorenzo di Ducati musim depan mulai terkuak. Adalah Andrea Dovizioso yang ternyata dipertahankan Ducati dan lebih memilih melepas Andrea Iannone. Yup, Dovizioso akan menjadi pendamping Lorenzo di tim merah Italia mulai musim depan.

Spekulasi pendamping Lorenzo di Ducati memang ramai dibicarakan. Sebab, di tim Bologna itu masih bercokol dua pembalap dengan kualitas yang setara, Dovi dan Iannone. Jelas, keputusan memilih dan melepas salah satunya menjadi tugas berat para petinggi Ducati. Indikasi Ducati lebih memilih Dovi sebenarnya sedikit bisa terbaca pasca race Argentina.

Insiden ndlosor Dovi dan Iannone di lap terakhir tikungan terakhir jelang finish membuat respek Ducati sedikit berkurang terhadap Iannone. Pasalnya, Iannone memang menjadi penyebab insiden itu. Padahal jika Iannone sedikit menahan egonya, Ducati sangat berpeluang finish 2-3 di belakang Marc Marquez. Sejak insiden itu, hubungan Ducati dan Iannone sedikit memburuk. Padahal dalam musim lalu performa Iannone lebih stabil dari Dovi.

Selain itu, indikasi bahwa Ducati akan memilih salah satu dari dua pembalap utamanya saat ini adalah ungkapan dari Manajer tim Ducati, Paolo Ciabatti yang mengatakan tidak akan merekrut pembalap baru lagi setelah Lorenzo di tahun 2017. Yang bisa diartikan, duet Jorge Lorenzo adalah salah satu dari Dovi atau Iannone.

Kabar Ducati mempertahankan Dovi dan melepas Iannone ini dilansir oleh laman motorsport. Lebih lanjut, motorsport juga menyebutkan bahwa Andrea Iannone tengah berbicara dengan pihak Suzuki yang telah kehilangan Maverick Vinales ke Yamaha. Wow… Menarik ini, sebab akhir-akhir ini kabarnya Suzuki telah memiliki satu nama pengganti Vinales yakni juara dunia Moto2, Johann Zarco. Bahkan, Suzuki telah menyiapkan Zarco untuk ikut Suzuka 8-Hours dan tes resmi MotoGP di Motegi. Apakah Suzuki akan menggunakan 3 pembalap utama musim depan? Atau Suzuki akan membuat tim satelit untuk memfasilitasi Zarco? Opsi yang masuk akal semua.

image

Dengan begini, sudah ada tiga tim pabrikan yang memiliki line up lengkap musim depan. Honda telah lebih dulu memastikan mempertahankan Pedrosa dua tahun lagi guna mendampingi Marc Marquez. Walau belum resmi diumumkan, Movistar Yamaha juga sudah punya line up lengkap dengan bergabungnya Maverick Vinales untuk bertandem dengan Valentino Rossi. Dan tim pabrikan ketiga adalah Ducati dengan Lorenzo dan Dovizioso.

Tim pabrikan lain masih terus mencari pembalap untuk mengisi satu kursi di tim mereka. Suzuki masih belum menentukan siapa pendamping Aleix Espargaro. Aprilia baru punya Sam Lowes yang akan menggeber All New RS-GP, satu lagi kursi masih kosong. Sedangkan KTM telah memboyong Bradley Smith yang akan membantunya meraih kejayaan di ajang balap motor prototype tersebut.

Yuuk

Advertisements