Para Alien Spanyol Menginvasi Tim Besar, Alien Italiano Terancam Habis!

image
Valentino Rossi satu-satunya alien yang dipunya Italia

Para pembalap asal Spanyol mendominasi MotoGP musim ini. Bahkan, diantara pembalap-pembalap kelas “alien” yang ada saat ini nyaris semuanya adalah Spaniard. Beruntung, masih ada seorang Valentino Rossi, Italiano yang bisa masih eksis diantara gempuran para pembalap Spanyol. Bicara pembalap alien, pasti bicara tim pabrikan papan atas. Honda dan Yamaha.

Honda sudah sejak 2013 lalu full Spaniard di line up pembalapnya. Dani Pedrosa “abadi” di tim orange tersebut. Sempat gonta-ganti tandem, mulai dari Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, Casey Stoner dan terkini adalah Marc Marquez. Marquezlah yang membuat Honda makin Spanyol banget. Duet Pedrosa-Marquez menjelma menjadi alien Spaniard yang selalu bersaing di papan atas level pembalap. Bahkan, Marquez di dua musim pertama debutnya di kelas premier langsung diganjar juara dunia.

image
Repsol Honda punya alien full Spaniard

Yamaha punya dua pembalap dari dua negara. Spanyol pada sosok Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi dari Italia. Keduanya juga masuk kategori pembalap alien. Kombinasi keduanya menghasilkan 10 gelar juara dunia kelas premier. Lorenzo 3, Rossi 7. Ngerii… Namun, sejak edisi 2010 Rossi sudah tidak lagi pernah bisa juara dunia, sebaliknya Lorenzo justru moncer dengan 3 titel. 2018 nanti Rossi justru akan pensiun.

image
Jorge Lorenzo alien Spanyol lainnya yang musim depan akan bela tim Italia, Ducati

Keempat pembalap alien merupakan kombinasi 3 Spaniard dan 1 Italiano. Komposisi ini masih akan bertahan hingga 2018. Pasca 2018, dominasi Spaniard terancam akan makin menggila, sedangkan peran Italiano akan berkurang. Lorenzo, mulai musim depan akan gabung Ducati. Yup, tim asal Italia akan punya line up pembalap Spanyol. Spaniard mulai menginvasi tim pabrikan selain Honda dan Yamaha. Kondisi ini akan makin menjadi-jadi selepas 2018. Bisa jadi, tim pabrikan papan atas di musim 2019 nanti semuanya akan berisi pembalap Spanyol atau setidaknya kalaupun ada non Spanyol porsinya sangat minoritas.

Akhir 2018, Rossi kemungkinan besar akan pensiun mengingat usianya saat itu akan mencapai 39 tahun, terlalu beresiko untuk terus berkarir di MotoGP, bagi Rossi juga bagi timnya, Yamaha. Pertanyaannya, siapa Italiano berikutnya yang akan masuk jajaran pembalap alien pasca pensiunnya Rossi. Honda full Spanyol, Yamaha sudah punya pengganti Lorenzo, Spanyol juga pada sosok Maverick Vinales, Ducati justru tim utamanya mengikat orang Spanyol dan akan membuang salah satu dari Italianonya, Dovi atau Iannone. Peran Italiano di tim pabrikan besar makin berkurang, kondisi sebaliknya dialami Spaniard.

image
Maverick Vinales calon alien Spanyol berikutnya

Harus diakui regenerasi pembalap Spanyol berjalan mulus. Selain Pedrosa, pembalap berskill tinggi yang sebenarnya siap untuk tim pabrikan masih berusia muda. Ketika Marquez masih di karir emas, sudah muncul Vinales yang akan menyainginya. Di belakang mereka masih ada Alex Rins yang siap meramaikan MotoGP. Italia? Hanya Rossi tang terkenal, Iannone bolehlah dimasukkan, namun levelnya masih sekedar pembalap kuda hitam. Di Moto2 tidak ada Italiank yang bersinar. Mungkin di Moto3 ada beberapa nama Italiano yang bisa diharapkan akan bersinar, sebut saja mungkin Romano Fenati dan Nicolo Bulega. Namun, jalan mereka masih akan sangat panjang untuk mencalai level alien di MotoGP.

Jadi, siap-siap saja dalam beberapa musim ke depan pertarungan race to title di MotoGP hanya akan terjadi antara para pembalap Spanyol saja. Sedangkan pembalap-pembalap Italia hanya akan meramaikan grid start saja. Level mereka hanya akan sekedar sebagai pembalap kejutan.

1. Dani Pedrosa
2. Marc Marquez
3. Jorge Lorenzo
4. Maverick Vinales
5. Aleix Espargaro

image
Andrea Iannone pembalap Italia terdekat levelnya dengan Rossi, tak ada lagi yang lain!
Advertisements

Comments are closed.