Akhirnya, Sport Yamaha Tumbang!

image
New Vixio tak mampu lagi bertahan

Data AISI April 2016 bisa jadi akan disuka sekaligus dibenci oleh Yamaha. Disuka karena marketshare mereka secara total mengalami kenaikan, namun secara bersamaan akan dibenci karena segmen andalan alami penurunan dan akhirnya kalah dari kompetitor.

Yes, data penjualan wholesales Yamaha sepanjang April 2016 mengalami kenaikan 10% lebih disaat pabrikan lain menurun, bahkan Honda-pun turun, tentu saja ini kabar menggembirakan bagi internal YIMM. Namun, ketika dilihat lebih detil, justru kekecewaan juga muncul. Segmen sport yang selama ini mereka kuasai akhinya tumbang dari Honda yang memang sangat ngebet ingin kuasai segmen prestisius ini. Berapa data penjualan wholesales sport Yamaha di April 2016? Belum RA pegang :D, namun untuk sport Honda sudah ada nih dari proud2rideblog, silahkan disimak:

CB150R 16.493 unit (melonjak 90%)
CBR150R 7.495 unit
Verza 6.360 unit
Mega Pro 441 unit
Big Bike 46 unit

image
New CB150R dkk akhirnya sukses menggulingkan kompetitor

Total penjualan wholesales sport Honda mencapai 30.835 unit naik dari bulan lalu yang mencapai 20.449 unit. Jika dipersentase, penguasaan marketshare sport Honda di April 2016 adalah 57,6%

Jadi, dengan penguasaan hingga 57,6% Honda telah resmi menjadi penguasa baru segmen sport. Yamaha pasti akan menyesali kondisi ini setelah sebelumnya tanda-tanda kekalahan sudah mulai terlihat. Paling setelah ini akan ada pernyataan “Kita tidak melihat jumlah penjualan, kita lebih memprioritaskan pelayanan ke konsumen” (bacanya sambil monyong-monyong ya mulutnya hehehe…) preet

image
Genza satu-satunya kebanggaan Yamaha saat ini?

Lalu, bagaimana bisa secara total marketshare Yamaha naik hingga menjadi 25% namun sport justru turun? Bisa jadi, itu karena NMax melonjak drastis. Kita tunggu saja kali aja mbak Cynta mengirim press release hasil penjualan wholesales detil mereka untuk bulan April ini. masih berani?

Advertisements

Comments are closed.