Mau Kemana Musim Depan Iannone?

image
Andrea Iannone kemana musim depan?

Mau Kemana Musim Depan Iannone? Keputusan Ducati mempertahankan Andrea Dovizioso dan membuang Andrea Iannone menyisakan pertanyaan, akan berlabuh kemanakah the maniac musim depan?

Ducati memang telah memperpanjang kontrak Dovizioso hingga 2018 yang berarti Dovi dipilih untuk mendampingi pembalap anyar mereka, Jorge Lorenzo mulai musim depan. Otomatis Iannone harus mencari tim baru sebab sudah tidak dibutuhkan oleh Gigi Dall’Igna dkk. Akan membela tim manakah Iannone musim depan? Sejumlah tim telah dikaitkan dengan pembalap asal Italia itu, salah satunya adalah Suzuki Ecstar.

image
Andrea Dovizioso dipilih Ducati

Suzuki butuh pembalap bagus untuk menggantikan Maverick Vinales yang kabarnya telah sepakat ke Yamaha. Publikpun seolah setuju jika Iannone ke Suzuki berduet dengan “pembalap buangan lainnya” Aleix Espargaro. Karakter agresif Iannone dipandang cocok dengan Suzuki GSX-RR dan klop dengan Aleix. Namun, perlu diketahui sebelum gosip Iannone, Suzuki sudah punya pembalap lain yang kabarnya sebagai opsi utama menggantikan Vinales. Dia adalah juara dunia Moto2 asal Prancis Johann Zarco.

Keseriusan Suzuki terhadap Zarco tidak main-main. Sejumlah agenda telah disiapkan Davide Brivio dkk untuk menguji Zarco. Sebut saja ajang balap endurance Suzuka 8-Hours dan tes resmi MotoGP di Motegi nanti. Artinya, Suzuki sudah menaruh harapan besar kepada Zarco untuk membesut GSX-RR.  Lantas bagimana peluang Iannone? Jika melihat rencana Suzuki terhadap Zarco jelas peluang Iannone kecil. Kecuali jika hasil uji “kelayakan” Zarco mendapat respon negatif dari Suzuki. Bolehlah berharap…

image
Andrea Iannone sulit ke Suzuki

Tidak hanya Suzuki, kabarnya Iannone juga berusaha “dijodohkan” oleh para penggila MotoGP dengan tim satelit Yamaha, Tech 3 menggantikan Bradley Smith yang hengkang ke KTM. Bagaimana peluangnya? Jelas ada tapi kita lihat dulu seberapa besar peluang itu. Pertama, Tech 3 adalah tim satelit, sedangkan Iannone saat ini di tim pabrikan. Jadi, downgrade dong… Apa iya Iannone mau? Walaupun Tech 3 sudah seperti “pabrikan Yamaha kedua” namun tetap saja statusnya tim kedua. Tidak ada sokongan full dari Yamaha. Jika target Iannone adalah juara dunia, Tech 3 bukanlah pilihan bijak.

Selain itu, line up Tech 3 musim depan rasa-rasanya sudah terisi penuh dua pembalap. Tech 3 telah RESMI menggaet Jonas Folger dari Moto2 untuk menggantikan Smith. Sedangkan Pol Espargaro masih akan dipertahankan. Namun bukan berarti peluang Iannone ke Tech 3 tertutup sama sekali. Kuncinya ada di Pol yang walaupun berusaha ditahan Tech 3 namun keinginannya untuk membela tim pabrikan sangat besar. Jika Pol memutuskan hengkang, Iannone pilihan pas sebagai penggantinya. Atau bagaimana kalau Iannone balik kucing ke tim satelit Ducati? Nyaris mustahil.

image
Iannone akan menerima tantangan hebat di tim semenjana?

Sebenarnya ada dua tim pabrikan lagi yang masih butuh satu pembalap lagi. Aprilia yang baru punya Sam Lowes dan KTM yang masih mencari pembalap pendamping Bradley Smith. Namun, melihat performa RS-GP yang hingga musim keduanya di MotoGP masih keteteran, serta KTM yang berstatus tim baru, jelas pilihan untuk berlabuh sangat beresiko besar atas perkembangan karir Iannone. Tapi, jika Iannone hanya peduli dengan “yang penting membalap”, baik Aprilia dan KTM adalah tantangan hebat untuk ditaklukkan.

Jadi, mau kemana musim depan Ian?

Advertisements

3 Comments

  1. Ini rider udh lumayan pnya pengalaman di team satelit maupun di team pabrikan…
    Cuma kadang” nih rider edan eling kadang” agresiv dan sering bikin kesalahan sering dlosor..
    Jika ke suzuki apa gaya bapap nya cocok sma karakter GSX-RR??
    Tpi ngeliat perkembanganya suzuki di thn ke 2 comeback nya udh banyak kemajuan di banding aprillia..
    Ya siapa tau kan thn depan GSX-RR dah makin kompetitip ggp klp mau mah si ianone ke suzuki..
    Mending si aleix depak aja ganti zarko

Comments are closed.