Sinyal Sudah Dikirim, Belum Juga Bergeming… Wajar Jika Kalah Telak!

vixion vs cb150r_2

Sinyal Sudah Dikirim, Masih Juga Belum Bergeming… Wajar Jika Kalah Telak! Pertarungan dua pabrikan segmen sport khususnya naked sport 150 nasional makin dinamis, brosis. Yamaha yang selama ini digdaya dengan kesuksesan Vixion series mulai terusik dengan keberhasilan Honda menghadirkan New CB150R Facelift. Terbukti, di Maret dan April tahun ini penjualan wholesales New CB150R berhasil melampaui New Vixion Advance.

Tentu saja ini kabar baru yang mengejutkan, walaupun sebenarnya tidak terlalu mengagetkan juga. Mengejutkan sebab rasa-rasanya melihat superioritas Vixion series sejak awal kemunculannya 2007 silam, nyaris mustahil mengalahkan semua kelebihan yang ditawarkan si deltabox tersebut. Desain sporty, kompak, rangka deltabox, performa mesin SOHC yang mumpuni dan friendly user, konsumsi bahan bakar irit jelas menjadi PR besar bagi Honda menghadapinya. Makanya, ketika saat ini semua kelebihan itu sukses diredam Honda, mengejutkan dong.

Namun, tidak terlalu mengagetkan juga sebab Honda sudah “memberi warning” kepada Yamaha. Usaha tanpa lelah Honda menciptakan naked sport 150 sepadan dengan Vixion series memang terlihat gagal. New MegaPro failed, CB150R gen 1 gagal hingga akhirnya kesuksesan itu datang di New CB150R Facelift. Honda memang terlihat gagal, namun sebenarnya ada satu yang menjadi kekuatan mereka selama ini, Totalitas. Bayangkan saja, mereka mau mengadopsi mesin DOHC made in Thailand dan dilokalkan dengan berbagai trial error. Ketika spesifikasi DOHC dibuat sama dengan aslinya gagal, modifikasi ektresm dilakukan. Dibuatlah DOHC berasa SOHC dengan masih menyimpan kelebihan DOHC. Hadirlah DOHC Nearsquare. Walau dicibir, show must go on. Itu dari sisi mesin.

Kekuatan berikutnya dari keberhasilan New CB150R adalah desain. Bukan rahasia lagi jika konsumen tanah air begitu mengagungkan desain, bahkan mayoritas masih memposisikan desain di atas performa mesin. Gak percaya? Mocin dulu laku adalah buktinya. Sempat salah langkah dengan CB160R Gen 1 yang telat mengantisipasi pergerakan New Vixion, Honda (kali ink baca AHM ya) yang tidak segan-segan ber-ATM-ria aliss Amati-Tiru-Modifikasi akhirnya menemukan selera konsumen sebenarnya. Hadirlah New CB150R Facelift yang brosis ketahui hasilnya keren bin cakep.

Desain oke, mesin DOHC (anggap saja aura racingnya lebih kuat), tarikan spontan, akselerasi SOHC punya, irit juga dapat, fitur LED lengkap dan lain-lain semua kelebihannya, siapa yang mau berpaling dari New CB150R Facelift?

Mulai Maret kemarin tanda-tanda kekalahan Vixon sebenarnya sudah mulai terlihat, bahkan kalau mau ditarik ke belakang di akhir-akhir 2015 lalu Vixion pun sudah mulai limbung. Namun, entah apakah YIMM kepedean atau memang tidak bisa membaca situasi dan kondisi pasar, koq ya hal itu dibiarkan. Ketika saat ini marketshare mereka benar-benar kalah telak, pergerakan baru mulai terlihat. Namun, semuanya terasa sudah telat. Rumor terbaru menyebutkan bahwa Yamaha telah menyiapkan pengganti Vixion, namun yang bikin mengernyitkan dahi hal itu masih possible tahun depan. Sudah keburu makin hancur dong marketnya. Kasus Mio kembali terulang.

Honda itu mirip Marquez. Ketika masih di belakang semua gaya lawan diikuti, dicopy dan ditiru tentu saja dikombinasikan dengan skillnya, nah ketika sudah berhasil overtake wussss… Langsung ngacir sendirian, turingGP brooo. Matik Honda begitu, ketika Mio masih unggul inovasi terus dilakukan, ketika sudah overtake baammm… Sampai kini tahu sendiri hasilnya. Dan potensi itu bisa saja terulang di segmen sport.

Januari 2016
Vixion 17.174 unit
CB150R 5.076 unit

Februari 2016
Vixion 21.193 unit
CB150R 10.148 unit

Maret 2016
Vixion 8.213 unit
CB150R 8.653 unit

April 2016
Vixion 6.200 unit
CB150R 16.493 unit

Januari – April 2016
Vixion 52.780 unit
CB150R 40.370 unit

Vixion memang masih unggul jika melihat penjualan wholesales Januari-April, namun tren menurun di bulan Maret dan menukik di April mengindikasikan potensi bahaya Yamaha. Sangat possible akhir tahun nanti sport Honda yang akan tersenyum.

Sinyal Sudah Dikirim, Masih Juga Belum Bergeming… Wajar Jika Kalah Telak!

Contact Me on :

Whatsapp  Only : +62 8 77 1 2727 000
Facebook Fanpage : Rideralam
Twitter : @karismapr
Email : karis.nsz@gmail.com

Advertisements

10 Comments

  1. Duh jangan terlalu FBY bro
    Jangan ketara FBY nya
    Yg ATM dluan siapa, lihat kasus honda beat yg d tiru meong?
    Mara pade situbondo jek boh maheboh
    Pa obyektif bro

Comments are closed.