Valentino Rossi Raih Pole Di MotoGP Mugello, Italia 2016

image
Valentino Rossi pole di Mugello, Italia 2016

Valentino Rossi Raih Pole Di MotoGP Mugello, Italia 2016

Setelah sempat seperti kesulitan mengejar hegemoni Andrea Iannone sepanjang sesi latihan bebas, akhirnya Valentino Rossi perlahan namun pasti melakukan serangan balik di kualifikasi kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (21/5) petang wib.

Di latihan bebas (FP) pertama, Rossi tidak mencatat lap time dan hanya menguji kopling M1. Kondisi trek yang basah akibat hujan membuat sebagian besar pembalap top sama dengan Rossi, no time! Masih di hari pertama, Jumat (20/5) di FP2, dominasi Andrea Iannone mulai muncul. Rossi harus puas hanya berada di posisi keenam. Best lap time Rossi 1 menit 48,340 detik, Iannone sudah tembus barrier 1 menit 47 detik.

image
FP1 MotoGP Italia 2016
image
FP2 MotoGP Italia 2016

Di FP3 yang dilangsungkan hari ini juga, Rossi justru merosot ke posisi 8. Sudah tembus 1 menit 47 detik, namun Iannone makin menjadi-jadi. Pembalap yang bakal pindah ke Suzuki musim depan itu kembali menjadi yang tercepat dengan 1 menit 46,991 detik. Lagi-lagi pembalap 25 tahun itu menjadi satu-satunya yang menembus barier 1 menit 46 detik. Hasil FP3 ini sekaligus menjadi patokan siapa-siapa pembalap yang lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2).

image
FP3 MotoGP Italia 2016

Di FP4 yang tidak mempengaruhi kualifikasi dan “hanya” lebih ke pematangan set up motor buat race besok, namun justru sangat vital. Ibaratnya, kalau mau melihat seperti apa performa pembalap saat race, lihatlah FP4. Tidak mutlak tapi anggap saja buat analisa kecil-kecilan. Di sesi ini Valentino Rossi mulai menemukan performa terbaiknya. The Doctor menjadi tercepat kedua dengan 1 menit 47,376 detik. Siapa tercepat? Lagi-lagi Andrea Iannone dengan 1 menit 47,284 detik. Gap keduanya mulai menipis. Nampaknya Rossi sudah menemukan setelan M1 yang pas nih.

image
FP4 MotoGP Italia 2016

Akhirnya, masuk ke sesi Q2. Sepuluh pembalap bertarung memperebutkan pole position plus dua pembalap tercepat dari Q1 yakni Scott Redding dan Aleix Espargaro. Dua nama tenar yang gagal di Q1 adalah Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Benar saja, di akhir sesi yang berlangsung selama 15 menit itu, Valentino Rossi akhirnya berhasil “overtake” Iannone. Rossi menjadi yang tercepat dengan 1 menit 46,504 detik. Iannone? Ketiga bro, bahkan seorang Maverick Vinales juga mampu “menyalipnya”. Iannone mencatat waktu 1 menit 46,607 detik kalah 0,009 detik saja dari Vinales di posisi kedua. Wow… “duo Yamaha” di depan :D. Dimanakah posisi Jorge Lorenzo dan Marc Marquez? Lorenzo kelima, Marquez keempat. Bersama Aleix Espargaro, keduanya di row kedua besok bro….

Jadi tidak sabar untuk menyaksikan race MotoGP Italia besok, Minggu (22/5) malam sekitar pukul 19.00 wib. Seperti biasa, ada siaran langsungnya di Trans7 atau kalau brosis langganan tv kabel, silahkan buka channel Fox Sport. Apakah Rossi akan berpesta di depan publiknya sendiri? Atau si “musuh besar” yang akan membungkam mereka? Siapa jagoan brosis?

Valentino Rossi Raih Pole Di MotoGP Mugello, Italia 2016

Advertisements