Valentino Rossi, The King of Mugello Yang Masih Puasa!

image

Valentino Rossi, The King of Mugello Yang Masih Puasa!

Keinginan Valentino Rossi untuk kembali menang di kandang kandas gara-gara kerusakan Yamaha M1 di lap ke-15 MotoGP Italia akhir pekan lalu. Padahal sudah lama Rossi tidak mengecap kemenangan di hadapan pendukung setianya itu.

Bayangkan, sejak terakhir menang di Mugello tahun 2008 silam, Rossi praktis tidak pernah lagi merasakan atmosfer juara di Mugello. Sudah lupa rasanya menang di kandang dan dihadapan puluhan ribu pendukung beratnya. Delapan tahun sudah Rossi puasa gelar di Mugello.

Tentu saja hal itu sangat mengecewakan Rossi dan para penggemarnya. Padahal sepanjang akhir pekan kemarin performa M1 Rossi terus meningkat sejak sesi latihan bebas hari pertama. Bahkan, pole menjadi indikasi kuat bahwa Rossi akan kembali berjaya. Segalanya berjalan normal selepas start. Walau posisi depan gagal dipertahankan seusai lampu merah start mati, namun pace Rossi sangat close dengan Lorenzo yang memimpin balapan. Hingga akhirnya di lap ke-15 ketika duel seru mulai tersaji, nampak Rossi melamban, lambaian tangan menandakan ada yang tidak beres dengan si kuda besi terlihat. Benar saja, ada masalah nampaknya dengan M1. Makin jelas setelah beberapa saat hendak menuju pit, keluar asap putih pekat ddari knalpot M1. Race is over for Rossi and Rossifumi.

Sedikit flashback ke tahun 2002 kala seorang the doctor membius pendukungnya di Mugello. Tahun pertama pergantian kelas 500 cc ke MotoGP berhasil menorehkan Rossi sebagai juara di Mugello. Lebih mengesankan lagi sebab yang berhasil dikalahkan kala itu adalah “musuh bebuyutannya” Max Biaggi. Hal yang kemudian diulangnya berkali-kali hingga 2008. Itu adalah kali terakhir Rossi berjaya di rumah sendiri ketika mengalahkan Casey Stoner dan Dani Pedrosa.

Praktis, sejak 2009 tidak pernah ada satupun pembalap Italia yang berhasil menaklukkan Mugello. 2009 menjadi milik Stoner, dan sisanya para Spaniard mendominasi. Termasuk 5 kali kemenangan Lorenzo di rumah Rossi tersebut. Puasa Rossi di Mugello masih akan menunggu tahun depan.

Daftar juara MotoGP Italia sejak 2002:

2002 Valentino Rossi
2003 Valentino Rossi
2004 Valentino Rossi
2005 Valentino Rossi
2006 Valentino Rossi
2007 Valentino Rossi
2008 Valentino Rossi
2009 Casey Stoner
2010 Dani Pedrosa
2011 Jorge Lorenzo
2012 Jorge Lorenzo
2013 Jorge Lorenzo
2014 Marc Marquez
2015 Jorge Lorenzo
2016 Jorge Lorenzo

7 – Valentino Rossi
5 – Jorge Lorenzo
1 – Casey Stoner, Dani Pedrosa, Marc Marquez

image

So, bagaimana nasib the king of Mugello tahun depan? Kita tunggu saja, masih puasa atau sudah berbuka 😀

Valentino Rossi, The King of Mugello Yang Masih Puasa!

Advertisements