Balada Pembalap Tim Satelit, Pol Espargaro Tidak Pernah Dilirik Sebagai Tandem Valentino Rossi!

image
Tim satelit Yamaha, Tech 3

Balada Pembalap Tim Satelit, Pol Espargaro Tidak Pernah Dilirik Sebagai Tandem Valentino Rossi!

Sejatinya, tim satelit dibentuk untuk mendukung tim pabrikan, salah satunya dalam hal pembinaan pembalap. Jadi, bagi para pembalap muda potensial sebelum benar-benar diberi kesempatan bergabung ke tim pabrikan akan “disekolahkan” dulu ke tim satelit. Ketika matang baru diangkat ke tim pabrikan. Namun, saat ini sepertinya hal itu tidak lagi terjadi. Pembalap tim satelit tidak dilirik tim pabrikan, justru malah menarik pembalap dari tim pabrikan lain.

Ini yang menimpa pembalap Yamaha Tech 3, Pol Espargaro. Pol bersama Bradley Smith merupakan dua pembalap Tech 3 Yamaha yang mengalami nasib tidak dilirik tim pabrikan induknya, Movistar Yamaha. Padahal, Smith dan Pol sudah dua musim “sekolah” di Tech 3. Namun justru keduanya sama sekali tidak menjadi pertimbangan Yamaha untuk ditarik ke tim pabrikan. Alhasil, akhirnya mereka harus mencari tim pabrikan lain untuk mengembangkan karirnya.

image
Pol Espargaro tidak dilirik Movistar Yamaha

Smith telah menandatangani kontrak dengan tim pabrikan baru asal Austria, KTM untuk dua tahun ke depan. Lalu bagaimana dengan Pol? Masih belum ada kejelasan. Namun sepertinya Pol masih akan diproyeksikan terus memperkuat Tech 3 Yamaha musim depan alias menjalani tahun ketiganya “sekolah”. Apakah Movistar Yamaha masih memberi kesempatan Pol untuk unjuk gigi kemudian ditarik ke tim pabrikan? Sayangnya tidak!

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengungkapkan kalau Tim Movistar Yamaha tak pernah mempertimbangkan Pol Espargaro, untuk didaulat sebagai rekan setim Valentino Rossi.

“Kami tidak mempertimbangkan Pol untuk tim pabrikan karena performanya selama beberapa tahun terakhir tidak cukup konsisten. Ya, levelnya tak cukup tinggi. Tahun lalu, Bradley Smith bahkan lebih unggul darinya di klasemen. Musim ini, Pol tampil lebih baik, tapi masih ada margin besar dengan rider terdepan,” papar Jarvis kepada Motorsport, Selasa (24/5).

Nah, akhirnya jadi tahu alasan tidak diliriknya Pol Espargaro oleh Movistar Yamaha. Performa adalah kunci mutlak agar seorang pembalap tim satelit bisa dilirik tim pabrikan. Performa yang bisa mendekati level pembalap utama tim pabrikan, sesuatu yang belum bisa dilakukan Pol sepanjang dua musim di Tech 3. Padahal, musim depan merupakan kesempatan besar Pol untuk naik ke tim pabrikan dengan lowongnya satu kursi yang ditinggalkan Jorge Lorenzo. Sayang, Pol tidak cukup bagus untuk mengisi itu. Justru pembalap muda Suzukilah yang menjadi pilihan.

image
Maverick Vinales yang justru dipilih sebagai tandem Valentino Rossi

Namun, sebenarnya performa bukanlah satu-satunya alasan pembalap Tech 3 akan dilirik Yamaha sebagai induknya, namun juga kesempatan. Masih ingat beberapa tahun silam Tech 3 menggembleng pembalap sekaliber Andrea Dovizios dan Cal Crutchlow. Kita bisa lihat bagaimana performa ketiganya saat masih berbaju hitam a la Tech 3. Saingan mereka bukan lagi pembalap tim satelit lain, namun justru pembalap-pembalap tim pabrikan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengalahkannya. Namun, mengapa mereka tidak sampai membela tim pabrikan Yamaha? Kesempatan yang tidak ada. Nama Aleix Espargaro juga bisa dimasukkan kala memperkuat tim satelit Yamaha lainnya, Forward Yamaha.

image
Trio pembalap tim satelit Yamaha yang gagal naik ke tim utama

Kala itu, Yamaha masih punya line up pembalap utama yang sangat kuat pada sosok Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Siapa yang mau mengorbankan dua juara dunia untuk digantikan pembalap tim satelit, walaupun performanya lagi bagus. Yamaha jelas tidak mau melakukan perjudian itu. Terbukti, akhirnya ketiga pembalap itu menyeberang ke tim lain. Jadi, kesempatan di tim utama pabrikan juga menjadi faktor penentu ditarik atau tidaknya pembalap tim satelit ke tim pabrikan. Apakah nasib Jonas Folger di Tech 3 akan seperti pendahulunya? Kita lihat saja seperti apa performanya. Kesempatan akan ada dua musim lagi ketika Valentino Rossi akan pensiun, satu kursi pembalap akan kosong. Akankah Folger akan memanfaatkannya? Atau justru Yamaha akan merekrut pembalap lain di luar tim satelitnya?

Balada Pembalap Tim Satelit, Pol Espargaro Tidak Pernah Dilirik Sebagai Tandem Valentino Rossi!

Advertisements