Ditolak Yamaha, Pol Espargaro Gabung KTM?!

image
Pol Espargaro close to KTM deal

Ditolak Yamaha, Pol Espargaro Gabung KTM?!

Lalu lintas perpindahan pembalap MotoGP musim depan masih menarik untuk diikuti. Walaupun tiga tim pabrikan utama telah fixed line up pembalapnya, namun masih ada tim pabrikan lainnya yang masih terus berupaya mendatangkan pembalap berkualitas. Salah satunya adalah KTM. Dikabarkan bahwa KTM sedikit lagi akan mendapatkan servis pembalap Yamaha Tech 3, Pol Espargaro.

Wow… Kabar ini dimuat oleh laman motorsport yang mengabarkan bahwa Pol Espargaro sedikit lagi akan tanda tangan kontrak dengan KTM. Jika ini terjadi, maka KTM musim 2017 akan punya line up pembalap sama dengan Tech 3 dua musim terakhir. Yup, Sebelumnya KTM telah mengikat Bradley Smith kontrak dua tahun di bulan Maret lalu. Duet Smith-Pol akan kembali terjadi di KTM.

Mengapa Pol hengkang dari Tech 3 padahal dia masih akan diberi kepercayaan untuk semusim lagi di sana? Jelas, status KTM sebagai tim pabrikan dibanding Tech 3 sebagai tim satelit lebih menggiurkan. Apalagi KTM baru akan join MotoGP musim depan, artinya ini adalah kesempatan bagus bagi Pol dan Smith untuk ikut “berjasa” mengembangkan mesin sekaligus mengasah feeling.

Kabarnya pengumuman kepindahan Pol ke KTM akan dilakukan 5 Juni nanti saat MotoGP Catalunya diselenggarakan.

Sebenarnya Pol juga tengah didekati Avintia Ducati untuk memperkuat mereka dengan spek motor Ducati 2017. Namun, status Avintia yang juga tim satelit sepertinya tidak menarik bagi Pol. Apalagi ada tim pabrikan yang tengah menggodanya.

Karir Pol Espargaro

Pol Espargaro, 24 tahun, adalah juara dunia Moto2 tahun 2013. Setahun kemudian Yamaha Tech 3 menariknya ke kelas premier berduet dengan Bradley Smith. Karir profesional adik dari Aleix Espargaro itu dimulai tahun 2006 ketika ikut GP 125cc bersama tim Derbi. Di musim debutnya, Pol hanya berada di posisi ke-20 klasemen dengan 19 poin. Karirnya semakin meningkat di kelas 125 cc hingga tahun 2010 Pol telah berada di posisi ketiga klasemen dengan 174,5 poin yang merupakan posisi terbaiknya di kelas 125 cc.

image
Juara dunia Moto2 2013

Tahun 2011, Pol naik kelas ke Moto2 bersama tim FTR. Musim debutnya ditandai dengan 2 kali podium dan berakhir di posisi 13 klasemen dengan 75 poin. Puncak karirnya di Moto2 adalah tahun 2013 bersama Kalex. Dari 17 seri Moto2, Pol menang 6 kali dan total 10 kali podium dengan 265 poin dan dinobatkan sebagai juara dunia Moto2.

Setahun kemudian Pol dikontrak Tech 3 di kelas MotoGP hingga musim 2016 ini.  Keinginan Pol untuk membela tim pabrikan Yamaha nampaknya hanya bertepuk sebelah tangan. Penampilannya yang inkonsisten dengan performa kurang meyakinkan menjadi alasan Yamaha untuk tidak menariknya ke tim utama. Apalagi, Yamaha punya duet tangguh pada sosok Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Alhasil, Pol nampaknya akan menerima tantangan baru di KTM mulai musim depan.

Semoga sukses, bro!

Ditolak Yamaha, Pol Espargaro Gabung KTM?!

Credit: motorsport, wikipedia

Advertisements

Comments are closed.