Seberapa Laris Yamaha Xabre? Nih Datanya!

Yamaha Xabre merupakan motor out of the box kesekian dari Yamaha yang dirilis untuk pasar nasional. Desain yang rada unik membuat Xabre tidak punya lawan di kelasnya.

image

Seberapa Laris Yamaha Xabre? Nih Datanya!

Rideralam.com – Brosis, ada yang ingin tahu seberapa laris Yamaha Xabre setelah tiga bulan ngaspal di tanah air? Nah, ini ada bocorannya yang dikutip dari otosia. Berapa target per-bulan? Apakah sesuai target? Lanjuutt…

Yamaha Xabre merupakan motor out of the box kesekian dari Yamaha yang dirilis untuk pasar nasional. Desain yang rada unik membuat Xabre tidak punya lawan di kelasnya. Harga yang dibanderol mencapai 30 jutaan Rupiah tidak menyurutkan konsumen untuk meminang motor dengan kubikasi 150 cc itu.

Dalam tiga bulan, Yamaha Xabre telah terdistribusi hampir 12 ribu unit. Tepatnya sejak Februari-Maret-April, Xabre telah terdistribusi sebanyak 11.986 unit.

“Target seperti disampaikan 5.000-an kan sebulan. Ini mencapai target. Itu seluruh Indonesia. Xabre selama tiga bulan 11.986 (delivered), Februari-Maret-April,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing seperti dikutip dari otosia.

Target 5 ribu unit/bulan, dari Feb-Apr telah hampir 12 ribu unit, berarti untuk data bulan Mei belum masuk. Apakah sesuai target? Silahkan brosis maknai sendiri pernyataan M. Masykur di atas.

Kabarnya, permintaan Xabre di beberapa daerah cukup tinggi hingga indenpun tidak terelakkan. Misal di Cirebon, Kalimantan dan Sulawesi yang dikabarkan inden.

Oke deh, semoga Yamaha bisa segera mengantisipasi kelemahan mereka selama ini yang terus berulang, tidak mampu mengimbangi permintaan pasar atas produk mereka yang sedang digandrungi. Kesannya apa yang akan dijual Yamaha seperti tidak punya data analisa penerimaan oleh pasar sehingga seperti terkesan “pokok ada produk baru ya dilepas, urusan stock gimana nanti”. Padahal inden bisa merubah pikiran konsumen lho…

Masih ingat di tahun 2010 ketika Byson pertama kali rilis. Lonjakan permintaan tidak bisa diantisipasi Yamaha, alhasil inden bisa sampai hitungan bulan. Beberapa calon konsumen mengaku harus inden hingga 4-6 bulan hanya untuk mendapatkan 1 unit Yamaha Byson. Akhirnya, banyak calon konsumen yang males menunggu lama dan beralih ke motor kompetitor yang sebenarnya kurang sreg di hati. RA punya pengalaman juga dengan Byson yang kata salesnya saat itu harus nunggu 4 bulan, padahal motor harus RA dapatkan hari itu juga untuk aktivitas harian. Akhirnya, malah ambil New Scorpio Z.

Produk bagus saja tidak cukup. Tapi, bagaimana bisa memanjakan konsumen adalah kuncinya. Konsumen yang punya uang, ketika mereka sudah kebelet ingin motor baru, ya harus segera dijembatani oleh produsen untuk memuaskan mereka dengan menyediakan unit yang ready stock. Kelamaan nunggu, bablas konsumen e.

Seberapa Laris Yamaha Xabre? Nih Datanya!

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.