Finish Posisi 15 Di GP Monaco 2016, Rio Masih Belum Masuk Zona Poin, Hamilton Juara!

image

Tadinya RA seneng banget ketika tahu Rio Haryanto finish ke-15 di GP Monaco 2016, Minggu (29/5). RA pikir itu adalah zona poin, mirip dengan yang ada di MotoGP. Sebab, beberapa waktu lalu sempat membaca bahwa sistem poin di F1 berubah dari juara 10 poin menjadi 25 poin. Wah… Enak nih akan ada 15 pembalap finish pertama yang akan dapat poin. Dan, Rio finish ke-15 berarti 1 poin. Sejarah dong bagi Indonesia… Namun, ternyata RA salah (jangan ditiru ya bro).

Memang benar juara seri di F1 dapat 25 poin, sama dengan juara seri MotoGP. Namun, konfigurasi juara dua dan selanjutnya justru sangat berbeda. Yup, yang sama hanya poin untuk sang juara. Runner up dan seterusnya beda. Jika di MotoGP ada 15 pembalap yang mendapat poin dengan urutan 25,20,16,13,11,10,9,8,7,6,5,4,3,2,1; ternyata di F1 hanya 10 pembalap terdepan yang mendapat poin. Konfigurasinya adalah 25,18,15,12,10,8,6,4,2,1. Jadi, hanya top 10 finished yang mendapat poin.

Alhasil, kegembiraan RA langsung berkurang. Ternyata finish ke-15 Rio di Monaco masih di luar zona poin. Pun demikian dengan rekan setimnya, Pascal Wehrlein yang finish ke-14. So, Manir masih terus puasa poin sejak 2010 saat pertama kali tim ini masuk kancah F1 ketika masih bernama Virgin Racing. Namun, tidak apa-apa. Rio Haryanto bisa finish saja di sirkuit jalan raya terkejam di dunia (merujuk pada sulitnya trek akibat sangat sempit lebar jalannya dengan pembatas di kanan kiri trek) sudah cukup memuaskan. Bayangkan saja, di seri Monaco tadi ada 7 pembalap yang gagal finish dengan beragam sebab yang rata-rata crash, termasuk juara seri sebelumnya Max Verstappen dan pembalap Ferrari Kimi Raikkonen.

image

Balapan sendiri dimenangkan oleh sang juara bertahan Lewis Hamilton. Ini adalah kemenangan pertama Hamilton musim ini. Hamilton memanfaatkan kesalahan Daniel Ricciardo saat pit stop untuk mengambil alih pimpinan lomba dari sang pole sitter. Sejak memimpin, Hamilton tidak terbendung dan finish lebih dari 7 detik di depan Ricciardo. Podium ketiga diisi pembalap Force India, Sergio Perez.

image
Hasil F1 GP Monaco 2016
Advertisements

Comments are closed.