Marc Marquez Raih Pole MotoGP Catalunya 2016, Hector Barbera Ducati Terkencang!

image

MotoGP Catalunya tahun ini sedikit berbeda. Suasana berkabung terlihat menyelimuti seluruh pelaku balap motor prototype terbaik se-kolong jagad. Tewasnya Luis Salom di FP2 kemarin menjadi penyebabnya. Di tengah suasana duka, pihak MotoGP akhirnya menyepakati untuk menggunakan lay out sirkuit sama dengan yang digunakan di balap formula one. Antara turn 12 dan 13 dibuat chicane untuk mengurangi speed motor yang masuk, tempat dimana mendiang Luis Salom crash hebat. Setelah beradaptasi di FP3 dan FP4, akhirnya sesi kualifikasi menjadi next menu bagi para pembalap. Bagaimana hasilnya?

Marc Marquez sukses menjadi yang tercepat alias pole sitter. Marquez mengalahkan duo spanyol lainnya, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa di posisi kedua dan ketiga. Marquez ini progressnya memang semakin meningkat. Di latihan bebas hari pertama masih terseok-seok, bahkan harus terpental dari 5 besar pembalap tercepat. Namun, di hari kedua ini akhirnya pole berhasil direngkuh. Gara-gara lay out baru Catalunya? Bisa jadi.

image

Yang menarik adalah ada nama Dani Pedrosa di front row. Rasa-rasanya sudah lama tidak melihat pembalap Honda ini di baris depan, kalah pamor dari rekan setim dan rival. Di Catalunya bisakah Pedrosa meraih kemenangan pertamanya musim ini? Lawannya kencang-kencang tuh, selain Marquez ada si mister perfect Jorge Lorenzo. Pembalap satu ini kalau sudah nyetel dengan tunggangan, dijamin yang lain bakalan diasapin jauh.

image

Sementara itu, kebalikan dengan Marquez raihan Maverick Vinales justru anti klimaks. Begitu kencang di hari pertama bahkan hingga latihan bebas hari kedua, ternyata di kualifikasi hanya berada di posisi keenam. Vinales akan start dari second row bersama calon rekan setimnya musim depan Valentino Rossi yang start di posisi kelima dan another surprise dari pembalap Avintia Ducati, Hector Barbera. Barbera akan start dari posisi keempat. Ducati tercepat justru dari tim satelitnya.

image
Hasil kualifikasi MotoGP Catalunya 2016

Race MotoGP Catalunya, Barcelona akan dilangsungkan besok Minggu (5/6) dan akan disiarkan langsung oleh Trans 7 mulai pukul 19.00 wib. Kira-kira apakah akan ada drama di Catalunya besok? Marquez/Lorenzo/Rossi atau justru Pedrosa yang akan berdiri di podium tertinggi? Kita tunggu dan saksikan saja besok.

Advertisements