Rossi Juara Di Catalunya 2016, Pembalasan Yang Sempurna!

image

Pembalasan yang sempurna. Melihat hasil yang diperoleh Valentino Rossi di Catalunya beberapa saat yang lalu jika dibanding seri sebelumnya di Mugello. Di Mugello, start terdepan tapi gagal finish, juara direbut pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo. Di Catalunya, start dari posisi lima, Rossi akhiri dengan finish terdepan, Lorenzo justru crash dan gagal finish. Lebih sempurna lagi yang dikalahkan adalah pembalap Spanyol lainnya, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Pembalasan yang sempurna.

Tanda-tanda kemenangan Rossi sudah terlihat di sesi pemanasan. Walau di kualifikasi kemarin hanya menjadi yang kelima, namun set up final motor untuk race biasanya bisa dilihat di sesi warm up. Dan Rossi nampaknya sudah menemukan setelan terbaik M1-nya di sesi ini. Bekal bagus untuk race. Dan benar saja, walau hanya start kelima, selepas start Rossi sudah bisa naik setingkat. Perlahan Rossi mendekati Pedrosa dan akhirnya bisa overtake untuk posisi ketiga. Tak butuh waktu lama, pada awal lap keenam Rossi sudah di depan sukses menyalip Marquez dan Lorenzo yang sempat memimpin selepas start.

Akhirnya, duel di depan hanya terjadi antara Rossi vs Marquez. Lorenzo makin menurun bahkan akhirnya harus apes ditubruk si mister tubruk musim ini, Andrea Iannone. Gagal finish kedua bagi Lorenzo. Posisi klasemen terancam dikudeta Marquez. Lap demi lap, jarak Rossi dan Marquez selalu ketat. Rossi seperti “bermain-main” dengan pembalap yang “mempermainkannya” musim lalu. Hingga nyaris sepanjang lomba sejak mengambil alih balapan, Rossi selalu di depan. Namun, bukan Marquez namanya kalau gak ngotot.

Di sisa 3 lap atau tepatnya lap 22 dari 25 lap yang direncanakan, Marquez sempat menyalip Rossi untuk memimpin. Biasanya, jika Marquez sudah nyalip maka Ia akan langsung ngacir menjauh, namun tidak kali ini. Rossi masih bisa menempel bahkan balik menekan. Nampaknya akselerasi RC213V musim ini memang payah. Alhasil, satu lap kemudian posisi kembali berubah. Rossi kembali mengovertake Marquez. Dua lap tersisa seharusnya menjadi klimaks duel keduanya. Namun, sayang selepas disalip kembali oleh Rossi, Marquez justru terus tertinggal dan akhirnya harus finish kedua di belakang The Doctor dengan gap 2 detik.

image

Valentino Rossi sukses merebut kemenangan di GP Catalunya 2016. Ini merupakan kemenangan kedua Rossi musim ini dan ketujuh the doctor di Catalunya sepanjang sejarah karirnya. Tambahan 25 poin membuat Rossi mendekati poin dua pembalap di atasnya, Marquez yang berhasil menggusur Lorenzo.

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Koleksi Blog yang Bahas MotoGP Catalunya 2016 | Mercon Motorâ„¢

Comments are closed.