Valentino Rossi Kuasai Spanyol

image

MotoGP musim ini dan beberapa musim ke belakang seolah menjadi pengejawantahan dominasi Spanyol. Benar, pembalap-pembalap Spanyol di starting grid kelas premier sangat mendominasi. Tidak hanya pembalap, jumlah sirkuit yang menjadi tuan rumah balap motor prototype ini juga terbanyak dibanding negara lain. Namun, di balik dominasi itu ternyata ada momen di musim ini yang sedikit antidot. Apa itu?

Jumlah para pembalap Spanyol di berbagai kelas memang terbanyak dibanding pembalap negara lain. Di kelas premier musim ini ada 9 pembalap dari total 21 starting grid GP Catalunya lalu. Ini berarti 43% rider MotoGP adalah spaniard. Bandingkan dengan jumlah pembalap Italia, yang notabene juga punya sejarah kuat di olahraga satu ini, yang hanya 5 pembalap (24%).

Pun demikian untuk jumlah sirkuit yang menjadi tuan rumah. Dari 18 seri musim ini, 4 diantaranya ada di Spanyol. Jerez, Catalunya, Aragon dan Valencia menjadi yang terbanyak dibanding negara-negara lain. Entah apa yang menjadi alasan satu ini, apakah karena Dorna juga Spanyol?

Pembalap Spanyol boleh saja mendominasi. Sirkuit-sirkuit di Spanyol boleh saja paling banyak, namun siapa sih “Raja Spanyol” sebenarnya musim ini? Seri balap MotoGP di tanah Spanyol dalam 7 seri awal musim ini sudah berlangsung dua kali, Jerez dan Catalunya. Uniknya, kedua seri itu bukan orang Spanyol yang menang melainkan Italiano Valentino Rossi. Yooo… Rossi is “The King of Spanish” musim ini, ya setidaknya hingga saat ini.

Di Jerez, Valentino Rossi sukses membungkam Spaniard, sang rival sekaligus rekan setim Jorge Lorenzo. Bahkan jika melihat urutan finish pembalap di Jerez lalu dari posisi kedua hingga keenam semua adalah pembalap Spanyol; Lorenzo-Marquez-Pedrosa-Aleix-Vinales.

image

Kejadian serupa kembali terjadi di Catalunya akhir pekan lalu. Valentino Rossi kembali sukses mengangkangi para Spaniard untuk menjadi yang tercepat. Jika di Jerez ada Lorenzo yang sedikit menyulitkan, di Catalunya adalah Marc Marquez yang memberikan perlawanan ketat. Lagi-lagi di belakang Rossi ada pembalap-pembalap Spanyol; Marquez-Pedrosa-Vinales-Pol. Kemana Lorenzo? “Sibuk” dengan Iannone main ndlosor-ndlosoran 😀

Namun, nampaknya para Spaniard tidak tinggal diam. Saat tanah mereka “dijajah” Italiano, mereka membalasnya dengan “menginvasi” negeri mafioso. Mugello, yang notabene “tanah” Rossi justru dikuasai para Matador. Lorenzo dan Marquez membuat para fans #46 meradang dengan merebut posisi teratas di sana. Rossi? Mleduk, bro!

Ya, itulah sedikit intermezzo tentang Valentino Rossi dan Tanah Spanyol di gelaran MotoGP musim ini. Di tengah dominasi Spaniard, nama Rossi ternyata masih bisa menyeruak, bahkan sampai menguasai. Seri Spanyol masih ada dua lagi, Aragon dan Valencia. Para Matador harus berjuang ekstra untuk bisa mengamankan “tanah” mereka dari caplokan Italiano bernama Valentino Rossi, jika tidak bersiaplah para pendukung yellow 46 menguningkannya lagi.

Daftar Pembalap Spanyol di MotoGP 2016:

1. Marc Marquez
2. Jorge Lorenzo
3. Dani Pedrosa
4. Maverick Vinales
5. Pol Espargaro
6. Aleix Espargaro
7. Hector Barbera
8. Alvaro Bautista
9. Tito Rabat

Daftar Pembalap Italia di MotoGP 2016:

1. Valentino Rossi
2. Andrea Dovizioso
3. Andrea Iannone
4. Danilo Petrucci
5. Michele Pirro

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.