Penjualan (Distribusi) Motor Nasional Bulan Mei Turun, Hanya Suzuki Yang Naik!

ktm indonesia

image

Data AISI Mei 2016 sudah rilis. Satu pertanyaan yang paling bikin penasaran, dimana melihat data primernya, sebab selama ini dapatnya kalau tidak news online ya blog rekan-rekan. Lho, malah curhat… Skip skipOke, back to Data AISI Mei 2016. Ada hal menarik dari distribusi motor di bulan Mei kemarin yakni menurunnya distribusi motor secara nasional. Ada apa?

Jika melihat angka-angka diatribusi motor Mei lalu seperti yang RA lihat di blognya nyobamoto, terlihat sekali bahwa penurunan yang terjadi nyaris menjadi domain seluruh ATPM. Honda sebagai pemimpin turun, Yamaha yang terus mengejar juga turun, pun demikian dengan Kawasaki yang selalu bermain di segmen berbeda juga turun, TVS juga demikian, apakah ini menandakan perekonomian masyarakat kita memang tengah turun? Kemampuan daya beli juga turun?

Bisa jadi jawabannya iya atau tidak, biarkan analis ekonomi yang membaca itu. Yang jelas, di bulan Mei biasanya cukup banyak kebutuhan yang harua dikeluarkan masyarakat. Persiapan puasa, lebaran hingga tahun ajaran baru menjadi beberapa dari banyak faktor yang menyebabkan itu. Kondisi psikologis masyarakat yang seperti dikejar-kejar tagihan ini itu menyebabkan mereka belum memprioritaskan untuk membeli motor baru. Mungkin, nanti setelah tahun ajaran baru rampung seluruhnya, lebaran lewat, rutinitas kembali seperti hari-hari sebelumnya, daya beli akan kembali meningkat.

Seperti disebut di atas, nyaris seluruh ATPM anggota AISI mengalami penurunan distribusi produknya. Anomali terjadi pada Suzuki yang justru menjadi satu-satunya ATPM yang meningkat. Namun, walaupun meningkat volume totalnya tidak signifikan. Suzuki memang makin tidak jelas arah penjualannya kemana. Praktis, hanya Satria F150 Injeksi yang menjadi tulang punggung, padahal segmen ayago sangat terbatas alias segmented.

Honda masih memimpin dan makin dominan. Honda mampu mendistribusikan BeAT cs sebanyak 339.128 unit sepanjang Mei 2016. Jumlah ini setara dengan 73,5% marketshare nasional. Nyaris 3/4 motor yang terdistribusi adalah merk Honda. Warbiayasak… Yamaha masih di posisi kedua, posisi abadi nih kayaknya, dengan penguasaan pasar 24,3% atau sekitar 112.145 unit.

image

Nah, yang rame sebenarnya di posisi ketiga dan keempat yang menjadi ajang duel Kawasaki dan Suzuki. Tahun lalu Suzuki menjadi yang ketiga, namun trennya terus menurun sehingga Kawasaki yang anteng dengan produk-produk premiumnya menyeruduk ke depan. Kawasaki menjadi yang ketiga marketshare terbesar nasional yakni 6.909 unit atau 1,5%. Secara kuantitas memang tidak besar, namun orang akan tetap menilai Kawasaki is a premium brand. Suzuki? Hadeuh… Hanya 3.109 unit di Mei, naik 7% dari April yang hanya 1.833 unit. Bisa sedikit ditebak, kontribusi Satria FU Injeksi lah yang terbesar. Dan terakhir anggota AISI terbeda, jika 4 lainnya dari Jepang yang satu ini dari India, TVS, hanya sanggup mendistribusikan motor sebanyak 215 unit dan inipun sudah turun dari April 229 unit. Ada baiknya TVS mempertimbangkan bermain di motor roda tiga aja deh. Kendaraan niaga roda 3 lagi menjadi favorit nih saat ini.

image

So, itu tadi Data AISI Mei 2016. Apa kabar sport 150 yang selalu menjadi daya tarik Data AISI selama ini? Nantikan next article. Tentu saja angka-angkanya masih dapat nyadur dari blog rekan-rekan. Ada yang tahu melihat data AISI primer dari mana?

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.