Honda BeAT Bukan Lagi Motor Terlaris, Tapi Motor Ini!

image

Masih seputar Data AISI Mei 2016. Ada kejutan dalam daftar motor terlaris di bulan kelahiran RA ini. Kejutannya adalah tumbangnya Honda BeAT sebagai motor terlaris. Tentu saja ini berita menggemparkan sebab bertahun-tahun matik entry level buatan AHM ini selalu menjadi yang terlaris. Tidak hanya terlaris, selisih dengan motor di bawahnya sangat besar. Namun, di bulan Mei ini BeAT harus lengser. Wow…

Pertanyaannya, motor apa yang menggesernya sebagai motor terlaris Mei 2016? Mio serieskah? Ah tebakan yang sangat epbeye banget hahahaha… Bukan Mio yang menggeser melainkan saudara BeAT sendiri yakni Vario Series. Matik Honda paling elegan menurut RA ini sukses menjadi motor paling dicari konsumen tanah air di bulan Mei 2016.

Silahkan simak data di bawah ini:

Jenis Motor Jumlah Satuan
Honda Vario series 118,203 Unit
Honda BeAT series 110,672 Unit
Honda Scoopy eSP 41,827 Unit
Yamaha Mio series 29,523 Unit
Yamaha NMax 22,211 Unit
Honda New CB150R 15,922 Unit
Honda Supra series 14,723 Unit
Honda Revo series 14,192 Unit
Yamaha Fino 12,638 Unit
Yamaha Vixion Advance 11,019 Unit

Ada selisih sekitar hampir 8.000 unit antara BeAT dan Vario. Jika dibanding distribusi bulan April 2016, Honda BeAT mengalami penurunan sekitar 23 ribuan unit atau 17,3%. Sedangkan Vario series justru meningkat sebanyak 12 ribuan unit atau 11,4%. Penurunan distribusi BeAT ini bisa jadi karena adanya isu rilis BeAT sporty tahun ini atau bisa juga karena konsumen sudah mulai bosan.

Dari data di atas juga terlihat bagaimana matik retro ternyata juga diminati konsumen. Terbukti, dua varian matik retro, Honda Scoopy dan Yamaha Fino masuk 10 besar. Bahkan, Yamaha Fino lebih laris dari NVA tuh. Ini bisa berarti matik retro makin mendapat hati di kalangan konsumen, bisa diartikan di sisi lain bahwa NVA sudah sangat membosankan, terlebih dengan kehadiran sang rival All New CB150R.

Yang cukup menarik juga adalah tidak ada satupun dari motor bebek super dan ayago masuk daftar. Yamaha MX King yang biasanya masuk sudah tidak muncul lagi. Apakah pangsa pasar bebek super Yamaha ini mulai ditinggalkan konsumen? Harus ada penelitian untuk membuktikannya, namun dari obrolan beberapa waktu lalu dengan salah satu sales Yamaha, MX King memang tidak terlalu banyak peminatnya. Menurut si sales, harga menjadi handicap terbesar. Sebagai informasi harga MX King saat ini sekitar 19 jutaan.

Advertisements

Comments are closed.