“Saya Lebih Kuat Dari Tahun Lalu”

image

Brosis, penampilan Valentino Rossi musim ini hingga seri ketujuh Catalunya kemarin boleh dibilang cukup menjanjikan. Catatan dua kemenangan masing-masing di Jerez dan Catalunya membuktikan bahwa Rossi di usianya yang jelang 38 tahun masih bisa bersaing dengan pembalap-pembalap muda macam Marquez dan Lorenzo.

Rossi pun mengaku senang di musim ini ia bisa konsisten bertarung sengit dengan Lorenzo dan Marquez hingga garis finis, dimana ia jarang bisa lakukan tahun lalu. Meski begitu, The Doctor mengaku tak mau meremehkan keduanya, termasuk tiga ancaman yang lain yang datang dari Dani Pedrosa, Maverick Vinales dan Andrea Iannone.

Memang jika dilihat poin yang dihasilkan dibanding musim lalu dalam jumlah seri yang sama lebih sedikit, namun penampilan the doctor di lintasan ketika bertarung dengan Marquez dan Lorenzo sangat menjanjikan. Sejak terjatuh di Austin, Rossi dan Yamaha M1 sangat kompetitif. Jerez, Le Mans dan Catalunya sukses diakhiri dengan podium dan “hanya” faktor teknis seperti mesin mleduk yang menghentikan Rossi di Mugello.

Kerennya lagi, Jerez dan Catalunya dimenangi the doctor dengan bertarung head to head dengan sang rival, Lorenzo di Jerez dan Marquez di Catalunya. Bahkan jika tidak ada aturan harus ganti motor di Termas de Rio Hondo, bukan tidak mungkin kemenangan Rossi menjadi 3 hingga saat ini. Saat itu Rossi sangat kompetitif ketika bertarung dengan Marquez, sayang motor kedua tidak memiliki set up sesempurna motor pertama, akhirnya Marquez bisa mencuri kemenangan.

Perubahan paling mencolok di musim ini dari penampilan Rossi memang di sisi performa di lintasan. Kalaupun kalah, kalahnya lebih karena sang lawan sedikit lebih cepat. Musim lalu, senjata Rossi “hanyalah” konsistensi podium, namun kecepatannya bersama M1 terlihat kalah dari Marquez dan Lorenzo. Rossi mengklaim kalau performanya di musim ini jauh lebih kuat ketimbang tahun lalu.

“Sangat penting melaju cepat setiap hari Minggu (saat race). Tahun lalu saya memperebutkan gelar juara dunia sampai seri terakhir, namun terkadang saya tak sekuat Jorge dan Marc. Tahun ini saya jelas lebih kuat, meski poin yang saya raih lebih sedikit ketimbang tahun lalu (sampai seri ketujuh),” celoteh Rossi, seperti dikutip dari Okezone dan dimuat Motorsport Total, Sabtu (11/6).

Advertisements

Comments are closed.