Nico Rosberg Impresif, Rio Haryanto Finish Keenam Musim Ini Dalam Gelaran F1 GP Eropa 2016 Di Sirkuit Baku

image
Podium GP Eropa 2016

Nico Rosberg tampil impresif pada seri kedelapan Formula One yang berlangsung di Sirkuit Baku, Baku City Azerbaijan, Minggu (19/6). Sementara itu, Rio Haryanto sukses sentuh finish keenamnya musim ini.

Para pembalap nampak antusias pada balapan kali ini sebab ini adalah seri perdana F1 di sirkuit Baku.

Pembalap Mercedes sekaligus pole sitter Nico Rosberg lakukan start dengan apik. Ia berhasil mempertahankan keunggulan posisinya dari Daniel Ricciardo di posisi kedua. Rosberg menyelesaikan 51 lap di sirkuit jalan raya Baku dalam waktu 1 jam 32 menit 52.366 detik.

Sedangkan rekan setimnya, Lewis Hamilton justru mengalami kesulitan di balapan kali ini. Start yang kurang baik plus masalah pada mobil balapnya yang sempat mengalami no power membuat Hamilton harus puas finish kelima. Hasil yang lumayan sebenarnya sebab ia start dari posisi ketujuh.

Berhasil finish kedua adalah pembalap Ferrari Sebastian Vettel. Vettel menjadi yang tercepat kedua lebih lambat 16,696 detik dari Rosberg. Podium terakhir menjadi milik pembalap Force India Sergio Perez. Ini adalah podium kedua bagi Force India dan Perez musim ini.

Rio Haryanto Finish!

Sementara itu, pembalap Manor Racing asal Indonesia Rio Haryanto berhasil menyelesaikan balapan di posisi 18. Posisi buncit sebenarnya, namun hal itu tidak lepas dari insiden di lap 1 selepas start yang membuat Rio harus masuk pit stop lebih awal. Mobil MRT05 #88 yang dikendarainya mengalami kerusakan pada sayap depan dan harus kehilangan banyak waktu di pit stop untuk menggantinya.

image
Mobil MRT05 #88 Rioa Haryanto finish keenam musim ini

Akhirnya, dengan ban soft Rio dan tim sepakat untuk melakukan strategy 1 pit stop sepanjang 49 lap tersisa. Sesuatu yang harus dilakukan Rio dengan konsekuensi harua bisa memelihara kondisi ban dengan cara memperhitungkan titik pengereman di tiap lap. Sempat berharap ada safety car masuk untuk mempertipis gap dengan pembalap di depannya, namun akhirnya balapan berlangsung mulus, tanpa ada safety car masuk. Rio berhasil menyelesaikan lomba di posisi ke-18 lebih baik dari rekan setimnya Pascal Wehrlein yang gagal finish. Ini adalah finish ke-6 bagi Rio dalam 8 seri F1 musim ini. Not bad untuk seorang rookie dengan mobil kualitas Manor Racing.

Sirkuit Baku, Azerbaijan merupakan sirkuit jalan raya tercepat dalam kalender F1 musim ini. Pembalap bisa melaju hingga 354 km/jam namun di sejumlah tikungan juga harus melaju sangat lambat mirip dengan Monaco. Sirkuit Baku punya 20 tikungan dengan panjang 6,003 km. Grand Prix F1 di Sirkuit Baku merupakan gelaran dengan nama GP Eropa.

image
Hasil F1 GP Eropa di sirkuit Baku, Azerbaijan

Nico Rosberg Impresif, Rio Haryanto Finish Keenam Musim Ini Dalam Gelaran F1 GP Eropa 2016 Di Sirkuit Baku

Advertisements

Comments are closed.