Valentino Rossi ‘King of Assen’ vs Marc Marquez, Duel Sengit Kembali Tersaji Musim Ini?

image

Setelah libur 3 pekan, sirkus MotoGP musim ini akan kembali berputar. Kali ini memasuki seri kedelapan akan dilangsungkan di sirkuit legendaris Belanda, Assen. Sirkuit yang telah menyelenggarakan ajang balap sekelas Dutch TT sejak tahun 1955. Lumayan bersejarah banget nih. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,555 km ini masih mencatatkan nama Valentino Rossi sebagai raja.

Rossi masih King of Assen dengan torehan 7 kali kemenangan, termasuk kemenangan dramatis musim lalu. Jumlah kemenangan Rossi di Assen ini bahkan jauh di atas Casey Stoner (2 kali) atau Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang masing-masing baru sekali.

Musim lalu, Rossi berhasil menambah koleksi kemenangannya menjadi 7 di Assen dengan gaya. Lap terakhir di tikungan “S” Rossi yang kala itu memimpin balapan nyaris dilampaui oleh Marquez di posisi kedua. Namun, berkat tekanan Marquez, Rossi yang nyaris hilang keseimbangannya, justru sukses memotong lintasan melalui gravel dengan mulus dan finish lebih dulu dari Marquez.

Akankah musim ini Valentino Rossi masih akan mempertahankan mahkota kemenangannya di Assen? Peluangnya cukup besar, apalagi performa Rossi dan M1 musim ini memang lebih bagus dari musim lalu. Performa Rossi di Catalunya mengingatkan kita kembali ke masa jaya the doctor. Start tidak sempurna, perlahan libas satu persatu pembalap di depan dan akhirnya mengakhiri lomba dengan finish terdepan. Peluang yang sama bisa kembali terjadi di Assen, salah satu sirkuit favorit Rossi. Namun, tentu saja Marquez tidak akan tinggal diam, pun dengan Lorenzo yang bernafsu menebus kegagalan di Catalunya.

Di klasemen sementara pembalap musim ini, Valentino Rossi masih berada di peringkat tiga dengan 103 poin tertinggal 12 poin dari Lorenzo dan 22 poin dari pimpinan klasemen Marquez.

Advertisements

Comments are closed.