Line Up Pembalap Tim-Tim Pabrikan MotoGP 2017, Sold Out Bro!!!

ktm indonesia

image

image

Akhirnya, line up pembalap untuk tim-tim factory MotoGP musim 2017 sudah lengkap. Keputusan Suzuki menggaet Alex Rins sekaligus ‘membuang’ Aleix Espargaro membuat lalu lintas perpindahan pembalap di tim pabrikan tertutup. Apalagi Aleix Espargaro sendiri telah sepakat untuk ke Aprilia. Komplit!

Oke, kita lihat satu persatu. Yang pertama tim triple crown musim lalu, juara pembalap, pabrikan dan konstruktor Movistar Yamaha sudah menemukan pengganti Lorenzo pada sosok Maverick Vinales. Saga Vinales ke Yamaha memang cukup njlimet dan lama. Namun, endingnya manis, Vinales akan menjadi tandem sang legenda Valentino Rossi. Duet keduanya menarik untuk ditunggu, kolaborasi senior dan youngstar.

Tim kedua, Repsol Honda. Bicara tim ini yang nyaris tanpa spekulasi adalah sang mantan juara dunia dua kali Marc Marquez. Marquez hampir tak tersentuh tim lain, jelas Repsol Honda akan mati-matian mempertahankan berliannya ini. Yang jadi PR adalah siapa tandemnya. Sempat diisukan ke Yamaha, Dani Pedrosa akhirnya berikrar setia di tim yang telah dibelanya sejak 2006 itu. Yup, duet Marquez-Pedrosa lagi-lagi duet muda-tua.

Ducati Corse menjadi tim yang paling agresif dalam bursa transfer pembalap. Merasa performa motor di level juara, pembalap bermental juara menjadi incaran, salah satu kelemahan mereka musim ini. Jadilah seorang juara dunia bertahan Jorge Lorenzo dibajak dari Yamaha. Ducati berharap, mental juara Lorenzo bisa ditularkan ke tim mereka. Masuknya Lorenzo memaksa Ducati membuang salah satu pembalapnya, Andrea Iannone atau Andrea Dovizioso. Faktor kematangan menjadi keunggulan Dovi untuk menyingkirkan Iannone. Jadilah duet matang Lorenzo-Dovi siap menggoyang dominasi tim-tim Jepang.

Suzuki menjadi tim paling mencolok progres peningkatannya. Duet Aleix Espargaro dan Maverick Vinales sukses mengangkat pamor Suzuki musim ini. Sayang, keduanya tidak akan ada di tim Suzuki Ecstar lagi. Vinales menyeberang ke Yamaha, Aleix Espargaro ke Aprilia. Duet keduanya akan digantikan duet baru yang tidak kalah mentereng juga, Andrea Iannone dan jagoan Moto2 Alex Rins. Menarik untuk menyaksikan duet Italia-Spanyol apakah Suzuki makin moncer atau dari nol lagi?

Pabrikan berikutnya adalah Aprilia Racing Team Gresini. Tim senegara Ducati ini juga telah merombak susunan pembalapnya untuk musim depan. Sam Lowes dan Aleix Espargaro menggusur Alvaro Bautista dan Stefan Bradl. Kolaborasi rookie dan pembalap berpengalaman macam Aleix cukup menjanjikan untuk dinikmati penampilannya. Pamor Aprilia yang hingga musim ini masih sebagai tim papan bawah coba untuk diubah oleh Lowes-Aleix, setidaknya bisa bersaing dengan Suzuki dan tim anyar KTM.

Tim pabrikan keenam alias terakhir adalah Red Bull KTM. Timnya memang rookie, namun jika melongok ke line up pembalapnya sama sekali Anda tidak boleh meremehkan. Ada dua eks Yamaha Tech 3 di sana. Bradley Smith dan Pol Espargaro kembali berduet namun beda wearpack. Kali ini mereka telah naik kelas ke tim pabrikan, tim yang menjadi tujuan mereka selama ini, apakah karir keduanya makin mentereng bersama tim barunya? Kita tunggu saja musim depan saat sirkus motor-motor prototype kembali mengguncang dunia.

Berikut Line Up Tim-tim Pabrikan MotoGP 2017:

Movistar Yamaha
Valentino Rossi & Maverick Viñales

Repsol Honda
Marc Márquez & Dani Pedrosa

Ducati Corse
Jorge Lorenzo & Andrea Dovizioso

Suzuki Ecstar
Andrea Iannone & Alex Rins

Aprilia Racing Team Gresini
Sam Lowes & Aleix Espargaró

Red Bull KTM
Pol Espargaró & Bradley Smith

Sebenarnya ada satu lagi tim satelit yang mirip pabrikan yaitu Yamaha Tech 3. Tim satelit Yamaha ini merupakan tim satelit paling solid selama ini. Tech 3 telah ditinggalkan dua pembalapnya sekaligus, namun nampaknya mereka tidak perlu menunggu lama untuk menemukan penggantinya. Jagoan Moto2 diboyong, Jonas Folger yang berpotensi berduet dengan juara dunia Moto2 musim lalu Johann Zarco.

So, itulah line up tim-tim pabrikan di MotoGP 2017 nanti. Bisa dibilang 99,99% line up tersebut tidak akan mengalami perubahan. Sold Out, bro… Artinya, silly season sudah tertutup bagi mereka, namun masih available bagi tim-tim satelit Ducati dan Honda. Kita tunggu saja…

Advertisements

Comments are closed.