Andrea Dovizioso Pole Di Kualifikasi Basah MotoGP Assen 2016

image

image

Hujan yang mengguyur Assen beberapa saat sebelum sesi kualifikasi digelar membuat lintasan basah. Wet condition di sesi kualifikasi kedua ini membuat beberapa pembalap tidak mampu memacu kuda besinya secara optimal. Alhasil, laptime yang dihasilkan ‘membengkak’ dibanding sesi latihan bebas sebelumnya. Di tengah kondisi tersebut Andrea Dovizioso sukses menjadi yang tercepat sekaligus meraih pole position pertamanya musim ini.

Dovi mencatat waktu 1’45.246 untuk mengitari 4,5 km Assen. Catatan waktu ini jauh di bawah best laptime rata-rata di FP3 yang mencapai 1’33,xxx. Namun, itu sudah cukup membuat Dovi akan start dari posisi terdepan di race yang akan diselenggarakan Minggu (26/6) malam wib.

Dovi akan start di depan kompatriotnya dari Italia, Valentino Rossi. Laptime Rossi 0.715 detik lebih lambat dari Dovi. Seperti halnya balapan-balapan di kondisi basah, akan tercipta kejutan-kejutan. Pun demikian dengan sesi kualifikasi kedua kali ini dimana seorang Scott Redding berhasil memanfaatkan momen ‘basah’ menjadi prestasi. Redding berhasil menyodok ke posisi tiga kualifikasi dengan best laptime 1’46.312. Redding akan start di depan  dua pembalap Honda, Marc Marquez dan Cal Crutchlow. Marquez sendiri sempat jatuh saat kualifikasi tersisa 9 menit dan harus menggunakan motor keduanya.

Hasil kurang menyenangkan diraih Jorge Lorenzo. Lorenzo akan start dari baris ke-4 atau tepatnya posisi ke-11 setelah hanya mencatat waktu 1’47.897. Lorenzo hanya lebih baik dari Maverick Vinales di sesi kualifikasi kedua ini.

Kita tunggu saja sesi pra race hari ini yakni warm up yang biasanya akan memberikan gambaran mendekati hasil race. Apakah Dovi akan mampu memberikan kemenangan pertama bagi Ducati dalam kurun waktu 6 tahun terakhir sekaligus kemenangan kedua dirinya sepanjang karir di MotoGP? Kita tunggu saja saat race nanti yang akan disiarkan live oleh Trans 7 mulai pukul 19.00 wib.

image
Hasil Q2 Assen 2016 6
Advertisements

Comments are closed.