Ketika Valentino Rossi dan Marc Marquez ‘CLBK’, Yang Lama Memang Bikin Nyaman!

ktm indonesia

image

image

Tiga pekan sebelum MotoGP Assen 2016, sumber internal Yamaha telah memastikan bahwa dua pembalap utamanya akan menggunakan sasis baru di Belanda. Hal itu merupakan imbas hasil positif di sesi tes resmi Catalunya, sehari pasca kemenangan Rossi di sirkuit tersebut. Dan, akhirnya sasis baru M1 memang digunakan oleh Rossi di sesi latihan bebas hari pertama. Namun, riwayat sasis baru M1 hanya sampai saat itu saja.

Pasalnya, sejak FP3 sehari berikutnya, Rossi akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan sasis standar. Sasis baru M1 tidak lagi menarik untuk digunakan. Ada apa gerangan? Mengapa ‘clbk’ kembali terjadi setelah sebelumnya Marc Marquez juga ‘clbk’ dengan sasis 2014 pada RC213V-nya?

“Kami mencoba beberapa sasis di Catalunya, tapi saya tak yakin soal peningkatannya. Jadi kini (di FP1 dan FP2 MotoGP Belanda) kami menjajalnya lagi di lintasan berbeda. Pada akhirnya saya memilih yang standar saja, karena bagian depan motor terasa lebih baik. Terhitung hari ini, sejak FP3, FP4, sesi kualifikas, dan race, saya akan pakai sasis standar. Tak ada perbedaan besar. Hanya modifikasi kecil,” terang Rossi, seperti dimuat RACER, Sabtu (25/6).

Ya, ‘clbk’ terjadi karena yang lama lebih nyaman dibanding yang baru. Rossi yakin sasis baru tidak menghasilkan performa yang berbeda dengan versi sebelumnya yang sudah teruji di beberapa race. Jelas, karena peningkatannya tidak signifikan, maka sasis lama menjadi pilihan lagi.

image

Hal senada juga disampaikan Marc Marquez ketika lebih memilih sasis 2014. Marquez menilai sasis 2014 masih menjadi sasis terbaik yang diberikan Honda sehingga membuat dirinya percaya diri geber kuda besi di lintasan.

“Sasis 2014 merupakan sasis yang kembali saya gunakan untuk balapan tahun lalu, dan hingga kini masih saya pakai. Sasis ini memberi saya kepercayaan diri tinggi pada ban depan. Kepercayaan diri itu sangat penting, untuk bisa tampil bagus dan kompetitif,” kata Marquez, seperti dimuat RACER, Sabtu (25/6).

Wew… ‘clbk’ si Marquez malah lebih jauh sebelumnya ya. Maklum, di musim 2014 itu Marquez memang sangat fenomenal. Setelah merebut gelar juara dunia di musim debutnya 2013, Marquez makin tak terbendung semusim berikutnya. Catatan 10 kemenangan beruntun di awal musim menjadi capaian spesial Marquez dengan RC213V Sasis 2014. Wajar, jika akhirnya sasis lamanya kembali digunakan setelah sasis baru 2015 dan 2016 tidak mampu memberikan yang terbaik.

Kita tunggu saja saat race nanti, sasis siapa yang lebih berjaya. Sasis 2015 M1 Rossi atau sasis 2014 RC213V Marquez!?! Balapan MotoGP Assen, Belanda akan ditayangkan live di Trans 7 Minggu (26/6) pukul 19.00 wib.

Credit: Okezone

Advertisements

Comments are closed.