RESMI: Winglet Dilarang Di MotoGP!

image

image

Pertemuan Grand Prix Commission yang terdiri dari Dorna, IRTA, FIM dan MSMA, Sabtu (25/6) menghasilkan sebuah keputusan penting bagi masa depan MotoGP tentang aerodynamic wing. Setelah beberapa lama menjadi kontroversi, akhirnya mulai musim 2017 penggunaan aerodynamic wing dilarang! Wow…

Aerodynamic wing dalam dua musim terakhir sangat pesat perkembangannya. Piranti tambahan yang biasanya dipasang di bagian depan motor itu membantu aerodinamika. Ducati adalah yang pertama mengembangkan piranti ini dan kemudian diikuti hampir seluruh tim lainnya. Anehnya, walau banyak yang menggunakan, ternyata tidak serta merta piranti ini menimbulkan kenyamanan bagi mereka. Mereka tetap kuatir dengan efek sampingnya jika terjadi crash atau sejenisnya.

Praktis, sejak keluarnya keputusan itu kita tidak akan bisa lagi menyaksikan motor-motor di MotoGP yang pakai aerodynamic wing alias sayap lele atau lebih populer disebut winglet!

Yoi, winglet akhirnya diputuskan menjadi piranti ilegal mulai musim depan. Sedangkan, musim ini karena sudah berjalan, winglet masih boleh dipakai. Musim perpisahan winglet nih, bro!

Inovasi memang menjadi domain balapan sekelas MotoGP, namun jika inovasi dianggap membahayakan pembalap lainnya, jelas hal itu harus segera ditangkal. Dan Grand Prix Commission rupanya mendengar keluhan-keluhan selama ini soal winglet.

Ducati harus putar otak lagi nih, bro. Dan nampaknya bukan hanya Ducati; Honda, Yamaha, Suzuki dan lainnya juga harus mulai kembali menghitung dan menganalisa kembali data untuk menemukan solusi aerodinamika bagian depan motor tanpa winglet!

Advertisements

Comments are closed.