Johann Zarco Sedikit Lagi Ke Yamaha Tech3, Fokus Beralih Ke Tim Satelit

image

image

Fokus perpindahan pembalap MotoGP untuk musim 2017 kini mulai bergeser dari tim pabrikan ke tim satelit (mulai musim depan disebut tim independen). Hal itu tak lepas dari konfirmasi bergabungnya Aleix Espargaro ke Aprilia Racing, tim pabrikan terakhir yang masih kekurangan satu pembalap untuk masa bakti 2 tahun. Kini, tim satelit yang mulai bekerja memperkuat skuad, salah satunya Yamaha Tech 3.

Yamaha Tech 3 melalui sang bos Herve Poncharal telah mengkonfirmasi soal satu pembalap yang akan menemani Jonas Folger di skuadnya. Dia adalah juara Moto2 2015 Johann Zarco. Bukan rumor baru, namun cukup menarik untuk disimak, tak lain karena status Zarco yang sempat terikat dengan Suzuki. Ya, Poncharal mengatakan Zarco sudah sedikit lagi akan mendampingi Folger musim depan. Sudah 99,9% katanya.

TMCblog mengabarkan bahwa sisa 0,1% adalah terkait keputudan Zarco yang membatalkan ajakan Suzuki ikuta Suzuka 8-Hour pasca pernyataan mereka lebih memilih Alex Rins dibanding dirinya. Nampaknya ada detil kontrak Zarco dan Suzuki yang masih harus dibereskan.

Zarco akan mendapat kontrak 1 tahun plus 1 tahun opsi perpanjangan di Tech 3, sama dengan yang diberikan ke Folger walaupun sebenarnya Poncharal mengatakan ingin bekerja sana dengan dua jagoannya itu selama dua tahun.

Yamaha Tech 3 selama ini memang kerap menjadi tim satelit terbaik dari seluruh tim satelit pabrikan lain. Hal itu tidak lepas dari kualitas motor yang mereka dapatkan dari Yamaha serta pemilihan pembalap yang tepat. Alumni-alumni Tech 3 selama ini termasuk sukses bersama tim lain. Sebut saja misalnya Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow yang sempat berbaju hitam-hitam khas Tech 3 dan kini menjadi andalan tim barunya masing-masing. Menarik menunggu kiprah Pol dan Smith di KTM nanti, akankah bisa sukses juga.

Kita tunggu saja MotoGP musim depan. Akan ada banyak perubahan line up pembalap, termasuk dari tim-tim satelit. Yamaha Tech 3 bahkan akan merubah seluruh skuadnya. Duet Folger dan Zarco menjadi pilihan baru mereka pasca lepasnya buruan utama Alex Rins.

Advertisements

Comments are closed.