Prediksi Line Up Pembalap Tim-Tim Satelit MotoGP 2017

ktm indonesia

image

image

Di MotoGP musim ini ada enam tim satelit yang turun di lintasan. Masing-masing 1 Yamaha, 2 Honda dan 3 Ducati. Keenam tim tersebut juga mulai sibuk memperkuat skuad dengan mencoba merekrut pembalap-pembalap ‘kelas dua’ yang tidak dilirik tim pabrikan. Seperti apa line up mereka musim depan?

Kita mulai dari tim satelit tersukses selama ini, Tech 3 yang berafiliasi ke Yamaha. Jauh-jauh hari sebelumnya, Tech 3 telah mengkonfirmasi atas perekrutan pembalap Moto2 asal Jerman, Jonas Folger. Folger dikontrak 1 tahun plus opsi 1 tahun lagi. Dan, kabar terakhir menyebutkan bahwa satu pembalap lagi yang akan gabung tim milik Herve Poncharal ini adalah Johann Zarco, juara Moto2 2015. Bahkan, kabarnya deal keduanya sudah mencapai 99,9%.

Beralih ke tim satelit Honda. Satu tim yang sudah pasti dengan line up pembalap adalah LCR Honda. LCR yang hanya menurunkan satu pembalap telah memutuskan untuk melanjutkan kerjasama dengan Cal Crutchlow setahun lagi.

Tim kedua adalah Marc VDS yang baru saja berpesta bersama Jack Miller. Satu slot kursi yang sudah pasti di Marc VDS adalah milik Miller. Menang atau tidak di Assen kemarin, Miller masih akan tetap di Marc VDS sebagai bagian dari kontrak dengan Repsol Honda yang ‘menyekolahkan’ Miller selama 3 tahun. Musim depan tahun ketiga Miller disekolahkan Honda. Pertanyaannya, siapa tandem Miller? Saat ini Marc VDS punya duet Miller-Rabat. Namun, performa kurang apik ‘Tito’ Rabat musim ini memunculkan spekulasi akan didepaknya juara Moto2 2014 itu. Posisinya akan diganti Michael Van Der Mark, anak emas dan didikan Honda di WSBK. Jika van Der Mark join, maka Marc VDS benar-benar menjadi tim ‘sekolah’ hehehee… Namun, laman motorsport menyebut komposisi Marc VDS musim depan unaltered alias tetap seperti musim ini. Kita tunggu saja…

Nah, yang ramai adalah tim satelit Ducati nih. Ada 3 tim dengan total 6 pembalap; Octo Pramac, Avintia Racing dan Aspar Team. Untuk Octo Pramac, motorsport menyebut duet Danilo Petrucci dan Scott Redding tetap akan dipertahankan. Duet ini telah menghasilkan dua podium sejak musim lalu. Podium dua Petrucci di Silverstone 2015, Redding di Assen kemarin. Wajar jika keduanya dipertahankan.

Sementara itu, untuk tim Avintia nama Hector Barbera dipertahankan, sedangkan Eugene Laverty bakal dilepas. Penggantinya kemungkinan adalah Stefan Bradl. Belum ada konfirmasi resmi, namun Bradl memang menjadi kandidat kuat usai didepak Aprilia. Dan terakhir adalah Aspar Team. Mereka baru saja meresmikan perekrutan eks Aprilia, Alvaro Bautista guna memperkuat tim. Bautista dikontrak selama setahun. Duet Bautista nantinya masih belum ditentukan, namun nampaknya nama pembalap Kolombia Yonny Hernandez menjadi opsi utama. Ini berarti Loris Baz kemungkinan besar akan didepak.

Prediksi Line Up Tim Satelit MotoGP 2017:

Tech 3 Yamaha
> Jonas Folger
> (kemungkinan besar Johann Zarco)

LCR Honda
> Cal Crutchlow

Marc VDS Honda
> Jack Miller
> (Tito Rabat atau Michele van Der Mark)

Pramac Ducati
> Danilo Petrucci
> Scott Redding

Avintia Ducati
> Hector Barbera
> (kemungkinan Stefan Bradl)

Aspar Ducati
> Alvaro Bautista
> (kemungkinan Yonny Hernandez)

Credit: TMCBlog, Motorsport

Advertisements

Comments are closed.